Puisi Kesaksian Karya WS Rendra

WS Rendra, seorang penyair yang tak asing lagi di Indonesia. Karya-karyanya tak lekang sepanjang masa, bahkan lelaki kelahiran Solo ini terbilang sangat produktif sekali. Seperti menulis drama, puisi, cerpen, sajak, prosa dan lainnya. Puisi kesaksian karya WS Rendra merupakan salah satu puisi yang menarik dan memiliki nilai jual.

Julukan “Si Burung Merak” kian melekat didiri lelaki yang selalu berpenampilan sederhana itu, lebih sering terlihat menggunakan kemeja dan celana Levis. Tentu saja membuat banyak orang tak menyangka sastrawan yang sangat terkenal itu lebih menyukai dunia yang sederhana.

Loading...

Keistimewaan Karya WS Rendra

Salah satu puisi kesaksian yang akan sarat pesan moral dan penuh makna adalah kesaksian akhir abad. Puisi WS Rendra selalu mengusung kondisi sosial yang terjadi di zamannya. Tak hanya itu, kekuatan puisinya terletak ditema yang selalu dia angkat, itulah yang membedakan WS Rendra dengan penyair lainnya.

Walaupun sempat menuai pro dan kontra, namun itu semua tak mempengaruhi kualitas  puisi WS Rendra.  Karena penyajiannya tetap menarik untuk selalu diulas, sebagai salah satu karya ciptaan anak negeri yang berpotensi besar bagi perkembangan sejarah sastra. Terbukti puisinya bisa ditemukan di buku pelajaran di sekolah-sekolah.

Untuk memahami sebuah puisi karya WS Rendra, Anda harus membacanya, puisi WS Rendra itu sangatlah menarik. Yang pertama dilihat dari ciri khas gaya bahasanya, puisinya lebih sering menggunakan kata-kata yang polos namun tetap bermakna, menggunakan pencitraan yang dapat dirasakan oleh pembacanya. Semua itu membuat puisinya lebih berkualitas.

Gaya WS Rendra Membawakan Puisi

Selain piawai menulis puisi, ternyata WS Rendra sangat lihai sekali membaca karyanya sendiri. Terbukti saat beberapa kali pentas, penampilannya selalu memukau dan totalitas, tak hanya itu, puisi yang dia bawakan terasa jauh lebih hidup dan membuat penonton berdecak kagum. Pagelaran yang dia buat selalu menuai sukses.

Demikianlah, artikel yang membahas tentang puisi kesaksian Karya WS Rendra. Semoga memberikan manfaat yang besar bagi dunia literasi, karena puisi WS Rendra merupakan asset kebudayaan yang harus terus dilestarikan. Agar pada masa mendatang dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Loading...
Selanjutnya : Cara Booking Kursi Garuda Indonesia
Sebelumnya: Landasan Teori Artinya Menuliskan Teori
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar