Keindahan Puisi Metafora


Puisi merupakan gaya bahasa yang indah yang digunakan dalam pengungkapan perasaan, pemikiran, dan pandangan seseorang untuk mempengaruhi pikiran orang lain. Puisi dalam sastra Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru.

Puisi lama di antaranya mantra, pantun, karmina, seloka, gurindam, syair dan talibun. Selain itu, kita mengenal beberapa jenis puisi modern, salah satunya adalah puisi metafora.

Puisi Metafora

Puisi metafora adalah puisi yang menggunakan gaya bahasa metafora, yaitu gaya bahasa perbandingan tentang dua hal secara langsung dan dalam bentuk singkat. Berikut contoh dari gaya bahasa metafora secara langsung dan singkat.

1. Tingkah laku kedua wanita itu menjadi buah bibir orang sekampung.
2. Pemuda adalah bunga bangsa.
3. Tutur katanya mendinginkan hati.

Berikut beberapa contoh puisi yang menggunakan gaya bahasa metafora.

1. Engkau adalah belahan jantung hatiku, sayangku.
2. Raja siang keluar dari ufuk timur.
3. Justin Bieber adalah bintang kelas dunia.

Pengertian Metafora

Berikut beberapa pengertian metafora dari beberapa ahli, yaitu sebagai berikut.

1. Metafora adalah kiasan yang menyatakan sesuatu sebagai hal yang sebanding dengan hal lain, yang sesungguhnya tidak sama (Altenbernd dan Lewis, 1969).

2. Metafora adalah kiasan langsung, artinya benda yang dikiaskan itu tidak disebutkan. Menurut Waluyo, metafora itu langsung berupa kiasan  yaitu sebagai contoh klasik seperti lintah darat, bunga bangsa, kambing hitam, bunga sedap malam, dan sebagainya. Contoh-contoh yang disebutkan tersebut merupakan metafora konvensional, yaitu metafora yang sudah lazim.

Di samping itu, kita dapat menemukan metafora yang tidak lazim yaitu seperti dalam puisi Rendra yang berjudul Surat Cinta.

metafora

Penggalan puisi tersebut memperlihatkan bahwa Rendra mengiaskan sang kekasih sebagai putri duyung. Seperti yang Anda tahu, Putri Duyung merupakan metafora yang tidak lazim karena hanya sebuah legenda. Akan tetapi, kisah putri duyung dikenal banyak masyarakat sehingga disebut sebagai metafora yang tidak konvensional.

Dalam kehidupan sehari-hari metafora juga sering digunakan. Kita harus paham jika lawan bicara kita menggunakan gaya bahasa metafora dalam percakapannya. Di samping itu, manfaat menggunakan puisi metafora bisa lebih memperindah gaya bahasa puisi yang akan kita sajikan.

Selanjutnya : Apa Saja yang Dibawa Waktu Lamaran Nikah?
Sebelumnya: Sinopsis Novel Ketika Cinta Bertasbih – Cinta Tak Bersyarat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar