Anda Butuh Semangat? Baca Puisi Motivasi!


Banyak orang yang menganggap membaca puisi ini hanyalah sekadar membaca karya seni, padahal puisi dapat bermanfaat untuk memperbaiki mood seseorang. Saat kita jatuh atau mengalami kegagalan, tak ada salahnya kita membaca puisi motivasi. Jika kita membaca puisi dengan cara yang biasa, mungkin memang kurang terasa manfaatnya. Cobalah ubah cara kita membaca puisi, hayati dan resapi kata-kata yang ada pada puisi tersebut. Hanya dengan cara itu isi sebuah puisi dapat masuk ke hati dan menyentuh perasaan kita.

Pilihlah puisi yang mengandung tema perjuangan, semangat, dan harapan kemudian baca dan resapi. Kadang kita memang perlu waktu untuk memahami sebuah puisi, tetapi puisi yang bertema motivasi biasanya tak terlalu sulit untuk dipahami. Berikut ini adalah contoh puisi dengan tema harapan dan motivasi:

Puisi Motivasi

Pada contoh puisi di atas yang mengusung judul “Hari ku, Semangat ku” ini menggambarkan perasaan yang senang dan bahagia, serta menunjukkan kesiapan dalam menghadapi rintangan yang akan menghalangi perjuangannya. Hal ini terlihat pada sajak kedua yang berbunyi “Aku siap menghadapi hari ini,” yang menunjukkan bahwa kita telah siap menghadapi apapun yang terjadi sepanjang jalan perjuangan.

Memahami puisi bertemakan seperti ini sebenarnya tak jauh beda dengan kita membaca kata-kata mutiara atau motivasi dari pak Mario Teguh. Saat kita membaca kata-kata motivasi itu juga tidak akan berpengaruh jika kita tidak memahami dan meresapinya. Banyak orang lebih memilih membaca kata-kata atau kalimat motivasi sebagai pemacu motivasinya adalah karena kata-kata atau kalimat motivasi relatif lebih mudah dicerna dan dipahami dibandingkan dengan puisi motivasi yang biasanya cukup panjang dengan penggunaan kata-kata kiasan yang rumit.

Jika Anda suka, cobalah membeli buku kumpulan puisi yang mengusung tema perjuangan dan semangat. Jangan hanya sekadar dibaca, tetapi cobalah untuk menghayati dan mengartikan sendiri kata-kata kiasan yang ada pada puisi tersebut. Dengan demikian, kita akan merasakan gelora semangat dan motivasi yang disampaikan oleh sang pembuat puisi. Awalnya memang agak sulit untuk membaca dan memahami puisi, tetapi ketika telah terbiasa makan malah Anda akan ketagihan untuk membaca puisi.

Coba juga membaca puisi motivasi yang mengusung tema perjuangan dan kepahlawanan, karena tema seperti ini biasanya juga membawa pesan motivasi.

Selanjutnya : Kegunaan Teknologi Dunia Bisnis
Sebelumnya: Teknik Menanam dengan Media Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar