Mengenal Puisi Pelestarian Lingkungan Hidup


Apakah Anda pernah mendengar tentang puisi pelestarian lingkungan hidup? Puisi ini biasanya menekankan pada memelihara bumi dan pelestarian lingkungan, agar tempat tinggal manusia menjadi layak untuk ditinggali. Juga sebagai bentuk kesadaran dan upaya untuk berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan.

Melalui puisi, karya sastra yang memiliki peranan besar dalam upaya untuk menggerakan masyarakat agar sadar akan pentingnya lingkungan hidup, untuk dirinya sendiri dan untuk orang lain. karena lingkungan hidup merupakan hal yang penting dalam kehidupan.

Puisi merupakan salah satu cara menarik, untuk menarik simpati banyak orang agar peduli dengan lingkungan sekitar. Isi puisi berupa bagaimana merawat lingkungan, bagaimana melestarikan lingkungan dan dampak negatif  jika tidak melestarikan lingkungan, dengan adanya puisi itu diharapkan semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya lingkungan. Karena puisi yang baik tak sekedar untaian kata-kata indah namun harus bermakna.

Tips membuat puisi pelestarian lingkungan yang sederhana, namun sarat pengetahuan, adalah : pilihlah tema lingkungan sesuai dengan kepribadian Anda, kalau bisa pilih tema yang unik dan jarang digunakan oleh orang lain, berikan sentuhan diksi yang menarik agar harmonisasinya tercipta baik dan tulislah dari hati Anda, agar puisi itu jauh lebih hidup dan bermakna.

Manfaat adanya puisi pelestarian lingkungan, yaitu : untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup untuk kehidupan, dengan puisi terus berupaya mengajak lebih banyak orang untuk berbuat kebaikan terhadap lingkungannya. Semua itu akan berdampak positif jika terus dilakukan secara berkesinambungan.

Contoh Puisi Lingkungan Hidup

Inilah contoh membuat puisi lingkungan hidup, secara singkat dan sederhana. Namun tetap menyelipkan pesan moral yang baik untuk pembacanya.

Hijau, kini telah mati

Oksigen menghempas pergi

Jantung kota terasa sunyi

Karena, tangan-tangan itu, merusak bumi

(Tia, 2013)

Demikianlah, ulasan menarik mengenai artikel puisi pelestarian lingkungan hidup. Semoga memberikan manfaat dan mendatangkan kebaikan, karena lingkungan hidup sangatlah penting dan harus terus dilestarikan keberadaannya. Hidup yang sehat itu berawal dari sebuah lingkungan yang sehat dan bersih. Jadi tak ada salahnya menebar kebaikan melaui sebuah puisi. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Melakukan Metadata Dalam Bentuk Video Streaming
Sebelumnya: Fakta Keajaiban Alam di Kota Mekkah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar