Puisi Semangat Pahlawan yang Membangkitkan Perjuangan


Puisi semangat pahlawan adalah ungkapan terima kasih yang tertuang dalam puisi yang menggugah semangat perjuangan para pemuda. Puisi ini untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memberikan kontribusi tenaga, harta, pikiran, waktu, jiwa, dan raga bagi kesejahteraan rakyat.

Negeri ini tidak akan merdeka dan bebas dari penjajahan Belanda dan Jepang jika tidak ada perjuangan dari para pahlawan rakyat dan rahmat Allah Swt. Belanda yang telah menjarah kekayaan negeri ini selama 3,5 abad lamanya telah memberikan luka yang dalam bagi sejarah negeri ini.

Para pahlawan yang berjuang melawan dominasi Belanda mayoritas berasal dari umat Islam. Pangeran Diponegoro dan Panglima Sudirman adalah contoh pahlawan yang gigih dalam berjuang dan sengit melawan penjajah di medan tempur.
Kita juga sering mendengar rekaman audio orasi menggelegar oleh Bung Tomo ketika membangkitkan semangat perjuangan arek-arek Surabaya untuk mengusir tentara sekutu. Pahlawan bangsa ini meneriakkan takbir, “Allahu Akbar!” untuk memompa semangat juang warga Surabaya dan Jawa Timur.

Masa kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini adalah hasil dari perjuangan para pahlawan Islam. Banyak rangkaian puisi pahlawan yang diciptakan oleh para pujangga, seperti Chairil Anwar atau Sultan Takdir Alisjahbana. Puisi-puisi kepahlawanan dari mereka berdua memaparkan kisah perjuangan pahlawan sampai titik darah penghabisan dengan bahasa yang indah dan menggugah semangat.

Pahlawan Negeri Ini
Karya: Abu Ali

Saat malam engkau berjalan di kegelapan
Tidak rasa takut di relung dada
Walaupun tikaman siap menerjang
Berbekal bambu runcing yang terhunus
Engkau lawan penjajah rakus

Derita terasa di negeri ini
Pahlawan-pahlawan perubahan negeri
Harus berkembang di bawah sinaran mentari
Diponegoro-Diponegoro pemberani
Harus bangkit di negeri ini
Sudirman-Sudirman tak takut mati
Harus berjuang tiada henti

Agar Diponegoro tak lagi keluhkan negeri
Agar Sudirman tak menangis lagi

Masih ada ratusan, bahkan ribuan, puisi-puisi pahlawan yang ditulis di buku kumpulan puisi pahlawan yang banyak beredar di tanah air. Anda juga dapat menemukannya bertebaran di dunia maya. Menghormati jasa pahlawan tentu saja tidak hanya dengan membuat puisi perjuangan pahlawan, melainkan bisa diwujudkan dalam pekerjaan nyata lewat perubahan sistem kapitalis yang menjajah negeri Indonesia sampai saat ini.

Anda juga dapat mengarang puisi semangat pahlawan sebagai bentuk rasa terima kasih dan penghormatan atas perjuangan para pahlawan Indonesia.

Selanjutnya : Rangkuman Efek Rumah Kaca
Sebelumnya: Puisi Disertai Simbol Membacanya Karya Chairil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar