Puisi Tema Pendidikan Chairil Anwar


Chairil anwar, merupakan sastrawan angkatan 45 yang paling fenomenal. Hingga saat ini karya-karyanya selalu menjadi rujukan dan inspirasi bagi para sastrawan muda. Sebagian besar puisi Chairil Anwar bertemakan tentang perjuangan pada masa sebelum dan sesudah proklamasi. Namun tak jarang pula puisi bertemakan cinta, sosial dan reliji. Selain itu terdapat  beberapa puisi yang bercerita tentang pentingnya pendidikan meski hanya tersirat. Puisi tema pendidikan Chairil Anwar dapat kita simak bersama sebagai berikut.

puisi pendidikan

Puisi Tema Pendidikan

Pada puisi ini dengan jelas Chairil anwar menegaskan mengenai pentingnya menuntut ilmu dalam kehidupan dan jangan pernah membiarkan diri bermalas-malasan dalam menempuh pendidikan. Pada bait dua Khairil Anwar menerangkan bahwa cita-cita dan karya harus diperjuangkan, karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di masa mendatang. Akan  jadi seperti apapun dirimu dunia tetap menempatkanmu pada sejarahnya, sebab itu tuntutlah ilmu karena pada hakikatnya manusia selalu ingin tahu dan haus akan ilmu.

Menurut pandangan penulis, pemaknaan puisi dengan judul Malam di Pegunungan bila dikaitkan dengan pendidikan menjadi sangat menarik. Pertama sang penulis puisi mengajak kita untuk berpikir, berpikir tentang alam, dan keadaaan malam di pegunungan memberi isyarat betapa besar kuasa Ilahi dan ia sangat menginginkan jawaban atas keingintahuannya.

Selanjutnya secara tiba-tiba diceritakan ada bocah cilik berkejaran dengan bayangan. Bocah cilik itu merupakan buah pikiran betapa menuntut ilmu sejak muda merupakan media untuk mendapat jawaban atas semua pertanyaan.

Pada puisi yang berjudul Derai-derai Cemara, Chairil Anwar sepertinya ingin bercerita tentang seseorang yang menyesali sesuatu di masa lalunya. Penekanan atas penyesalan ini secara jelas tertuang pada bait ke dua. Namun pada bait selanjutnya, yaitu bait ke tiga Chairil Anwar menceritakan keadaan yang telah berbeda dari masa lalu yang disesalinya tersebut.

Pada bait terakhir pula ia menjelaskan bahwa kebanyakan orang menyerah menggapai cita-cita  karena dihadapkan pada suatu masalah, namun menurut Chairil Anwar hal itu tidaklah benar, karena sesulit apapun keadaan yang kita jalani, hidup harus tetap berjuang tak kenal menyerah apalagi dalam menggapai cita-cita agar tak ada penyesalan di masa lalu.

Demikianlah beberapa contoh puisi tema pendidikan Chairil Anwar beserta asumsi makna yang didefenisikan oleh penulis. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan mengenai puisi karya Chairil Anwar.

Selanjutnya : Memanfaatkan Peluang Usaha Jahit
Sebelumnya: Mengenalkan Puisi Tema Alam untuk Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar