Kumpulan Puisi tentang Guru


Tiada kata yang tepat untuk menggambarkan sosok guru yang banyak memberikan inspirasi, mengajarkan banyak hal tidak hanya membaca dan menulis apalagi menggambar, lebih dari itu guru memberikan kita bukan hanya pengetahuan yang kita tempuh dalam pendidikan formal, namun juga memberi ilmu tentang hidup dan kehidupan.

Kumpulan Puisi Guru

Banyak kumpulan puisi guru, melukiskan perjuangan guru agar murid-muridnya menjadi pintar, tidak bodoh bahwa apapun cita-citanya untuk menggapainya sekolah menjadi pintu gerbang meraih cita-cita.

Saat kita bersekolah di taman kanak-kanak guru mengajarkan kita bernyanyi, berhitung dengan menggunakan alat-alat peraga yang disukai anak-anak seperti buah-buahan, hewan dan sebagainya juga sekolah dilengkapi dengan banyak alat permainan, mengenalkan pada anak bahwa sekolah itu menyenangkan.

Saat di taman kanak-kanak kita belum mengerti tentang guru, apa yang dilakukannya, beranjak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu sekolah dasar (SD) kita baru mulai memahami, mengerti peran seorang guru, mendidik kita di sekolah, guru pahlawan tanpa tanda jasa.

Kita belajar berhitung, belajar membaca, belajar tentang ilmu alam dan sebagainya saat sekolah dasar, mungkin berbeda saat ini perkembangan pendidikan semakin maju anak sudah bisa berhitung dan membaca pada usia dini begitu sekolah dasar tinggal melancarkan saja.

Betapa beratnya tugas yang diembankan kepada guru agar kita bisa membaca, menulis, berhitung dan menjadi anak yang pintar berprestasi itu semua berkat guru. Tidak ada puisi yang tepat untuk guru tercinta, melukiskan semua pengorbanan yang telah guru lakukan untuk anak muridnya, kumpulan puisi guru yang tak pernah kenal lelah, puisi guru hanya sebagian bentuk penghormatan pada guru yang begitu berjasa mendidik dan membentuk pribadi murid-muridnya.

Kadang guru tak segan marah, menghukum muridnya yang melakukan kesalahan semua itu dilakukan sebagian dari cara guru untuk mendidik muridnya menjadi pribadi yang bertanggung jawab, pribadi yang tangguh dalam menghadapi setiap persoalan. Tak cukup kata-kata untuk dapat melukiskan semua kebaikan yang telah guru berikan, sebentuk puisi yang memberi ispirasi untuk anak-anak didiknya dari guru aku belajar arti hidup.

Banyak kumpulan puisi tentang guru memuat perjuangan seorang guru, sepetik untai puisi untuk guru tercinta: “aku tidak akan menjadi orang yang sukses seperti sekarang ini tanpa tangan-tangan pengajar yang berjiwa mulia, tulus memberi tanpa harap balas itu berkat engkau wahai guruku”.

Selanjutnya : Arti Puisi Malam Amir Hamzah Buah Rindu
Sebelumnya: Ciri-ciri Akan Datangnya Dajjal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar