Puisi Tentang Jasa Seorang Guru


Puisi tentang jasa seorang guru kerap dicari para siswa menjelang kelulusan. Biasanya, siswa berlomba membuat puisi indah untuk mengungkapkan rasa terima kasih pada guru. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, pengorbanan guru pada muridnya sangatlah banyak.

Guru rela menyisihkan waktu untuk memberikan pemahaman kepada murid. Mengajarkan tak sekedar menyampaikan materi yang ada di buku, mengajarkan bagi seorang guru memiliki “beban” yang cukup berat karena guru punya peran dalam mendidik siswa di sekolah.

Di rumah, siswa memiliki ayah dan ibu. Di sekolah, guru juga memiliki posisi yang sama seperti orang tua. Mengajarkan, mendidik, menasihati, mengajak, dan memberi keteladanan. Jasa guru tak terhitung rupiah, tak tehitung pula oleh parcel, jasa guru hanya akan dikenang oleh siswa.

Profesi seorang guru tidaklah ringan, tanggung jawab yang berat terpikul di pundak sang guru, karena sejatinya guru iku digugu lan ditiru (baca: guru itu diperhatikan dan dicontoh). Jadi, jika Anda hendak menulis puisi tentang jasa seorang guru, tulislah sajak-sajak indah tentang kehebatan guru. Misalnya, seperti ini;

Terima Kasihku…
Guru, andai saja kau tahu
Aku sangat malas membuka buku
Kau tuntun aku untuk mengulang pelajaran

Guru, aku benci ketika kau beri tugas rumah
Hingga esok tak ada jawaban di lembar
Kau malah tersenyum
Tak sedikitpun kau memarahiku

Guru, aku tahu kehidupanmu
Kau tak berharap banyak rupiah
Kau hanya berharap tugasmu jadi berkah
Meski harta tak kunjung melimpah

Hanya ungkapan terima kasih
Keluar dari bibir,
Aku berjanji, kelak kan kusampaikan ilmu pada orang lain
 
Rasa terima kasih pada guru tak cukup jika hanya disampaikan lewat ucapan lisan. Guru tidak mengharapkan hal ini, guru akan merasa senang kalau siswanya menjadi pribadi yang budiman, sopan, pintar, dan menjadi generasi cerdas harapan bangsa dan agamanya.

Seakan tugas mulia yang diemban guru telah selesai, meski kelulusan sudah usai, namun jasa akan selalu dikenang. Semoga informasi puisi tentang jasa seorang guru di atas bisa bermanfaat untuk kehidupan Anda.

Selanjutnya : Alamat Web PT. Kereta Api Indonesia
Sebelumnya: Manfaat Perdagangan Luar Negeri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar