Membuat Puisi tentang Lingkungan Hidup


Puisi tentang lingkunan hidup perlu digalakkan agar masyarakat semakin sadar dan mencintai lingkungan. Sebagai negara berkembang, Indonesia masih tergolong negara yang belum baik kesadaran masyarakatnya, terutama terhadap masalah lingkungan hidup.

Dengan bahasa puisi, kampanye kesadaran lingkungan hidup dapat menyentuh dan tidak memaksa secara arogan. Pelajar di sekolah pun perlu mendapatkan kesempatan untuk mengapresiasi puisi melalui perlombaan menulis puisi. Lomba tersebut dapat diadakan dengan tema lingkungan hidup.

Untuk membuat puisi tentang lingkungan hidup, penulis harus menghayati lingkungan hidupnya. Penulis melakukan observasi terhadap fenomena lingkungan hidup yang ada di sekitarnya.

Pada saat seperti itu, seorang penulis atau penyair sudah melakukan penyadaran terhadap dirinya sendiri, terlebih setelah dituangkan dalam bentuk karya puisi, pasti akan memberi pengaruh bagi banyak orang, apalagi jika puisi tersebut dapat dibacakan dalam acara-acara yang banyak pengunjungnya.

Proses penulisan puisi tentang lingkungan hidup tidaklah sulit, karena objeknya ada di sekitar kita. Ide penulisan puisi dapat berasal dari masalah sampah yang memenuhi got dan halaman rumah, kebakaran hutan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, dan masalah bencana alam.

Masalah lingkungan hidup seperti kebiasaan membuang sampah sembarangan adalah masalah yang sangat sering kita jumpai. Masalah tersebut dapat menjadi karya puisi yang unik karena puisi lebih bebas dalam berekspresi daripada pidato atau ceramah.

Di samping itu, kita dapat mengangkat tema lingkungan hidup yang belum banyak dibicarakan oleh orang lain, misalnya tentang penggunaan bahan kimia yang berlebihan, atau tentang kurang tegasnya pemerintah terhadap pelanggaran lingkungan hidup.

Kepedulian terhadap lingkungan hidup adalah tugas semua orang. Oleh sebab itu, jika kita mempunyai kemampuan dan selera berpuisi, maka puisi sangat efektif untuk menjadi alat penyaluran perjuangan kelestarian lingkungan hidup.

Cara membuat puisi tentang lingkungan hidup ditulis dalam bentuk puisi yang jelas agar dapat dengan mudah dipahami oleh banyak orang, termasuk orang yang awam terhadap bahasa puisi. Jika puisi menggunakan bahasa yang absurd, masyarakat akan kesulitan memahaminya sehinga tujuan tidak tercapai.

Dalam berpuisi, indah itu tidak harus rumit, isinya yang jelas dan mudah dipahami pun jika diramu dengan baik akan menjadi puisi yang indah dan memikat hati.

Selanjutnya : Pengertian Puisi Baru adalah Puisi yang Bebas
Sebelumnya: Pengertian Nilai Tukar Uang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar