Puisi Tentang Pahlawan


Sebelum kita membahas puisi tentang pahlawan, ada baiknya jika kita memahami apa itu puisi. Puisi adalah karya sastra singkat yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang indah untuk menuangkan apa yang ada di hati, pikiran, dan jiwa kita. Disebut sebagai karya sastra singkat karena puisi bentuknya yang paling pendek jika dibandingkan dengan cerpen atau novel.

Tahukah Anda tentang ciri-ciri puisi? Salah satunya adalah baris-barisnya memiliki bentuk yang beragam, misalnya zig-zag, melingkar, dan lain sebagainya, kadangkala berisi satu atau dua kata yang diulang-ulang, gaya bahasanya yang indah, seringkali disisipkan majas untuk memperindah bentuk puisi, dan masih banyak lagi ciri-ciri lainnya.

Salah satu yang membedakan puisi dengan karya sastra yang lainnya adalah terletak pada cara membacanya. Untuk membaca puisi, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

•    Ketepatan ekspresi atau mimik wajah.

•    Gerak anggota tubuh harus tepat.

•    Artikulasinya harus tepat.

•    Timbre (warna suara yang khas)

•    Harus berirama.

•    Intonasinya harus tepat.

Bentuk puisi ada dua macam, yakni puisi lama dan puisi baru. Tahukah Anda apa saja yang membedakan antara keduanya? Puisi lama biasanya terikat oleh beberapa aturan tertentu, sedangkan puisi baru bentuknya lebih bebas dibandingkan puisi lama baik dalam segi baris, suku kata, dan juga rima.

Yang termasuk puisi lama, diantaranya Mantra, Pantun, Karmina, Seloka, Gurindam, Syair, dan Talibun. Sedangkan yang termasuk bentuk puisi baru, di antaranya adalah Balada, Ode, Epigram, Romansa, Elegi, Satire, Distikon, Terzina, Kuantrain, Kuint, Sektet, Septime, Oktaf, Soneta, dan Himne.

Nah, himne inilah yang merupakan puisi yang berisi tentang pahlawan karena dibuat untuk menghormati jasa pahlawan, guru, dan tokoh-tokoh yang jasanya sangat besar.

Namun, seiring berjalannya waktu, himne berubah menjadi puisi yang dinyanyikan. Agar Anda bisa membuat puisi tentang pahlawan, perhatikan beberapa hal, yang di antaranya adalah temanya harus tepat, penggunaan diksi, perhatikan rimanya, dan jangan lupa pula untuk memperhatikan gaya bahasanya.

Semoga uraian tersebut bermanfaat bagi Anda yang akan membuat sebuah puisi yang bertema pahlawan. Selamat mencoba dan berkreasi.

Selanjutnya : Susunan Horizon Pada Tanah
Sebelumnya: Cara Keluar dari Blokir Pertemanan oleh Server Facebook
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar