Puisi Tuk Pahlawan


Kamu mendapat tugas membuat puisi tuk pahlawan? Carannya mudah, cukuplah kamu membaca beberapa literasi mengenai kisah perjuang pahlawan dahulu. Kemudian, buatlah rangkuman dan berlatihlah membuat sajak demi sajak tanpa harus membaca teori membuat puisi, goreskan coretan ringan. Jika perlu kuatkan dengan kata sastra nan indah.

Pahlawan, sama dengan kita, manusia biasa. Yang membedakan adalah tekad dan kegigihan beliau menghadang para penjajah, meski bertaruh nyawa, pahlawan tetap akan memilih mati jika daerahnya dijajah. Pahlawan tidak pernah memiliki rasa takut mati, meski darah mengucur dari tubuh, tidak sedikitpun ada rasa ingin menyerahkan diri dan daerahnya kepada penjajah.

Tanpa pahlawan, kita tidak bisa hidup lega seperti sekarang. Berkat jasa para pahlawan, Indonesia bisa merdeka. Pahlawan yang membela negara dan merintis kemerdekaan, memproklamasikan, pahlawan di era kebangkitan nasional dan pahlawan revolusi. Semuanya, memiliki kekuatan yang luar biasa. Puisi tuk pahlawan semoga menumbuhkan rasa nasionalisme kita pada bangsa;

Terima kasih untuk pahlawan

Pahlawan hanyalah manusia
Bedanya dengan kita adalah tekad
Soekarno-Hatta, Ki Hajar Dewantara, Kartini,
Dan pahlawan lainnya punya mimpi

Terima kasih, mimpi itu telah terwujud
Generasi yang kini merasakan nikmatnya
Kami tahu, ada amanah yang harus kami jaga dan pertahankan
Tak cukup jika hanya memperingati hari wafat pahlawan
Tak cukup hanya dengan menebar bunga di pemakaman
Tak cukup jika hanya membuat puisi tuk pahlawan

yang utama adalah kerja keras dan cerdas untuk pembangunan Indonesia
membuat generasi sejahtera dan cinta bangsanya
oh, pahlawan…terimakasih atas segala perjuangan

Membuat puisi tuk pahlawan dari masing-masing nama pahlawan sangatlah mudah. Misalnya, perjuangan seorang Kartini yang harus dikurung dan tidak diperbolehkan sekolah atau sekadar ke luar rumah. Atau, perjuangan Soekarno yang harus dipenjara berkali-kali karena sering menentang penjajah.

Kamu bisa bebas menuliskan kisah dan sejarah mereka melawan penjajah secara detail. Mengenang masa puncak peperangan dan pengabdian pada negara supaya kita lebih menghargai jasa para pahlawan dan kita petik hikmaknya sekaligus penyemangat untuk terus belajar dan bekerja untuk Indonesia yang lebih baik.

Selanjutnya : Cara Mudah Dapatkan Dana Bantuan Pertanian
Sebelumnya: Apa Efek Pemasangan Bak Kopling Manual Dan Tekniknya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar