Puisi Untuk Guruku Yang Menggugah


Puisi untuk guruku adalah untaian kata-kata indah dan penuh dengan makna yang diucapkan oleh siswa kepada guru yang telah mengajarnya dengan pengajaran baik. Puisi bertema guru akan sering kita dengarkan pada saat perpisahaan kelas 6 Sekolah Dasar, kelas 3 Sekolah Menengah Pertama, dan kelas 3 Sekolah Menengah Atas.

Guru telah mengabdikan dan mendedikasikan hidupnya dalam bidang pendidikan, maju dan tidaknya sebuah masyarakat akan ditentukan oleh para guru. Jika para guru mengajar dengan sungguh-sungguh dan selalu memperhatikan siswa, maka siswa akan menjadi generasi emas pembawa perubahan di masa depan.

Begitu besarnya jasa guru, maka tidak salah jika ada seseorang yang membuat puisi bagi guruku setiap kali ada kesempatan dan ketika mengingat wajah guru yang selalu tersenyum di depan kelas menanti para siswa berangkat ke sekolah.

Bagi siswa yang telah diajar oleh guru yang baik, maka dia akan menganggapnya sebagai orang tua di sekolah. Berbagai permasalahan akan dibicarakan dengan guru favoritnya, mulai dari pelajaran, persabahatan, bahkan sampai dengan masalah keluarga di rumah siswa. Siswa ini kelak akan membuat puisi untuk guru yang mendalam.

Banyak guru di negeri yang dapat menjadi teladan bagi kita, contohnya seorang guru yang berani dan ikhlas untuk terjun ke daerah pelosok hanya untuk mengajarkan ilmu dasar membaca dan menulis. Ada juga perjuangan guru yang cacat tapi tetap bersemangat dan telaten untuk mengajarkan ilmu pada siswanya.

Berikut ini adalah puisi untuk guru yang menggugah, di antaranya yaitu :

Perjuangan Guruku
(Abu Ali Hafidz)

Guruku…
Beliau telah memberikan pengajaran tentang hidupku
Dan beliau telah bersusah payah mendidikku
Dia adalah pembawa cahaya ilmu

Guruku…
Beliau telah bersusah payah
Keringat deras tak membuatnya putus asa
Meskipun beliau lelah
selalu tersenyum kepada siswa

Guruku…
Dengarkanlah
Kalimat terima kasihku dalam untaian kalimat
Maafkanlah siswamu ini
Karena jasamu terlalu besar untuk dibalas…

Guruku…

Itulah pembahasan kita kali ini tentang puisi untuk guruku yang menggugah, jasa guruku tidak dapat dibalas dengan balasan yang baik, kecuali mendapatkan pahala dan ridho Allah SWT.

Selanjutnya : Profil Sugianto Kusuma - Pengusaha Terkenal di Indonesia
Sebelumnya: Proposal Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar