Puisi untuk Orang yang Sudah Meninggal


Anda sedang mencari puisi untuk orang yang sudah meninggal? Maka sebaiknya membaca ulasan singkat tentang puisi bagi yang sudah meninggal. Bentuk puisi sebenarnya setiap orang sudah mengenalnya, namun karena jarang dilatih sehingga kesulitan untuk merangkai kata dan bait. Ada kalanya puisi sangat dibutuhkan pada momen-momen tertentu, oleh karena itu ada baiknya kita belajar lagi mengenainya.

Orang yang sudah meninggal akan meninggalkan bekas ingatan pada orang-orang yang ditinggalkan. Sebab itu sebagai rasa hormat dan mengenang jasa para almarhum, sebagian orang membuat sebuah puisi. Memang dalam pandangan agama tidak ada kewajiban tentang membuat puisi untuk orang meninggal. Tetapi juga tidak ditemui larangan yang tegas selama masih dalam koridor agama.

Berpuisi sudah lazim dikenal sebagai sebuah ungkapan karya sastra yang indah dan enak diperdengarkan. Namun bagi orang dewasa, tolak ukur sebuah puisi umumnya dinilai dari makna atau hikmah yang disampaikan. Puisi tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja, berbagai peradaban atau negara-negara dunia sudah mengenal cara berpuisi dengan baik dan teratur.

Menyampaikan puisi untuk orang yang telah tiada juga tidak diperbolehkan berlebihan. Atau dengan istilah lain meratapi kematian seseorang. Sebab hal itu hanya memunculkan rasa sedih pada orang-orang yang mendengar dan melihatnya. Oleh karena itu sampaikan puisi dengan menjaga emosi, agar hikmah dalam puisi yang dibuat dapat dimengerti dengan baik oleh hadirin.

Memandang sebuah kematian juga harus bijak, sebab itu merupakan garis pembatas antara kehidupan dunia dengan akhirat. Barang siapa yang amal baiknya berat dan beriman, maka dia layak untuk memasuki kehidupan akhirat dengan baik. Oleh karena itu puisi untuk orang meninggal sebaiknya mengandung doa untuk almarhum, dihapuskan kesalahannya dan ditambah amal shalihnya.

Kebiasaan membuat puisi bagi yang telah meninggal memang bukan sebuah kebiasaan asli rakyat Indonesia. Budaya ini datang dari pola pemakaman orang-orang yang berasal dari Eropa atau daratan Amerika. Sebab itu harus teliti dalam memilih sebuah puisi kematian, agar terhindar dari kesalahan dalam penyampaian sebuah nasihat dan doa.

Demikianlah ulasan puisi untuk orang yang sudah meninggal, semoga bermanfaat di sisi pembaca.

Selanjutnya : Mengenal Roti yang Cocok Untuk Sakit Asam Lambung
Sebelumnya: Misteri Kawasan Bermuda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar