Pulau Seram, Pulau Yang Menyeramkan di Indonesia


Di daerah Maluku, terdapat sebuah pulau yang bernama pulau seram. Apakah pemberian nama itu identik dengan keadaan sebenarnya disana? Atau hanya karena kebetulan dan ada cerita asal usul yang lain?. Pulau seram adalah pulau yang menyeramkan di Indonesia?

Sebuah mitos lahir di abad ke-15 dan tumbuh selama berabad-abad di masyarakat pulau seram Maluku. Mereka percaya akan cerita ‘makhluk misterius’ yang ada dan hidup di pulau itu, tepatnya di gua-gua bawah gunung berapi non-aktif di Kaitaru.  Namanya ‘Orang Bati’ yang berarti ‘Orang Bersayap’ serta suka menculik anak kecil setiap malam hari untuk santapan malam. Memiliki ciri tinggi tubuh seperti manusia 160 cm, memiliki 2 sayap hitam di sebelah belakang kanan dan kirinya, dan berkulit merah. Benarkah ‘monster’ atau sering pula disebut ‘makhluk jelmaan’ itu ada?

Kisah ‘Orang Bati’ ini telah berhasil menarik perhatian Internasional karena seorang berkebangsaan Inggris bernama Karl Shuker menulis cerita tentang Orang Bati tersebut dalam sebuah buku berjudul “Is Batman Alive and Well and Living on the Island of Seeram?”

‘Makhluk Jelmaan’ itu seringkali terkait dengan Mothman, sehingga disebut dengan Mothman Indonesia. Namun, masyarakat Indonesia lebih menganggap ia adalah makhluk jelmaan yang dihubungkan dengan hal-hal mistis. Sehingga pulau yang ada makhluk ‘seram’ itu mereka namakan Pulau Seram.

Di luar negeri, mereka menganggap penemuan-penemuan seperti itu adalah jenis makhluk cryptid yang masih hidup dan ditemukan di zaman sekarang ini. Menurut beberapa ahli Cryptizoology menganggap Orang Bati adalah Pterodactyl yang masih hidup sampai sekarang.

Ada sebuah teori lain mengenai ‘orang Bati’ tersebut, yaitu teori ‘Kelelawar Raksasa’, sebuah teori yang lebih dapat diterima akal dan lebih popular dunia. Karena teori ini memang sering terkait dengan jenis makhluk Mothman, khususnya Mothman Amerika. Di Indonesia, kemungkinan penduduk melihat kelelawar raksasa ini, yang kemudian mereka sebut ‘orang Bati’. Karena kelelawar raksasa juga memiliki sayap dan makhluk pemakan monyet. Dan penduduk pun salah mengidentifikasikannya dengan memakan anak kecil, padahal yang dimakan adalah seekor monyet.

Namun, meski mitos tersebut telah berabad-abad lamanya menghantui penduduk pulau seram, namun hingga saat ini belum ada bukti konkrit mengenai keberadaan mahkluk tersebut yang membuat kesan bahwa Pulau Seeram, pulau yang menyeramkan di Indonesia.

Selanjutnya : Mengenal Prosedur Pembuatan Makalah Singkat dalam Bab Pendahuluan
Sebelumnya: Mengenal Puisi Kahlil Gibran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar