Tips Memilih Pupuk Untuk Anggrek


Pemilihan pupuk untuk anggrek yang tepat akan membuat anggrek sehat mulai akar, batang, daun dan bunga. Tanaman anggrek di ekosistemnya (hutan) mendapatkan nutirisi secara alami, dengan cara mengumpulkan berbagai kotoran organik yang menempel pada akarnya.

Tanaman anggrek yang kita budidayakan di kebun tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup secara alami, sehingga perlu untuk kita beri pupuk dengan cara yang tepat dan benar. Bunga anggrek tidak akan mekar, segar, dan cerah bila tidak mendapatkan zat-zat yang dibutuhkan dengan cukup.

Kebanyakan para penggemar anggrek menganggap bahwa pupuk akan menjadi penyelamat bagi anggrek yang sudah tidak sehat atau layu. Anggapan tersebut memang benar adanya, karena anggrek membutuhkan nutrisi yang banyak sebagai pendorong agar anggrek dapat kembali tumbuh sehat seperti sedia kala.

Pupuk bagi anggrek sangat bervariasi dari segi jenis dan jumlahnya, jika langsung pergi ke pasar maka kepala pusing dibuatnya! Berikut ini kami hadirkan tips memilih pupuk anggrek yang benar dan tepat, yaitu :

1. Carilah kata-kata nitrat nitrogen atau nitrogen amoniak pada label kemasan pupuk tanaman anggrek, ingat bukan urea.Meskipun urea diketahui dapat menyuburkan sebagaian besar jenis tanaman, tetapi menurut penelitian terbaru mengatakan bahwa zat nitrat dan amonia adalah pupuk terbaik bagi anggrek.

2. Carilah produk pupuk dengan kandungan nitrogen sebanyak 20% atau kurang. Jika jumlah nitrogen terlalu tinggi atau lebih dari 20 persen, maka hal tersebut akan membuat anggrek tumbuh tidak baik. Karena tanaman yang diberi nutrisi terlalu banyak, maka akan ada zat yang tidak terpakai dan lama kelamaan akan menumpuk dan akhirnya menjadi polutan.

3. Jumlah fosfor tinggi pada pupuk akan sangat baik bagi bunga anggrek yang sedang mekar. Pupuk tinggi fosfor akan membantu bunga mekar lebih baik, sehat, dan berwarna. Sampai sekarang belum ditemukan kasus negatif pada penggunaan zat fosfor pada pupuk bunga anggrek.

4. Pupuk tanaman anggrek dengan kandungan kalsium 15 % dan magnesium 8 % memberikan efek positif yang nyata.

Itulah beberapa tips memilih pupuk untuk anggrek, selamat berkebun.

Selanjutnya : Resep Aneka Mie Sehat untuk Anak
Sebelumnya: Merek Laptop Paling Bagus Harga 3 Juta ke Bawah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar