Hukum Qunut Subuh Menurut Imam Syafii


Qunut subuh menurut imam syafii hukumnya adalah sunnah. Mazhab syaf’ii memiliki sandaran dalil shohih dari hadis yang dari jalur Anas ra, bahwasannya Nabi Muhammad Saw selalu membaca qunut subuh hingga beliau wafat.

Dari lainnya yang memperkuat pendapat qunut subuh imam syafii adalah perbuatan para sahabat nabi Saw, adalah sahabat Umar bin Khaththab senantiasa membacakan baca doa qunut shalat subuh berjamaah dengan para sahabat-sahabatnya.

Membaca doa qunut pada shalat dapat dikelompokkan dalam 2 jenis, yang pertama adalah doa Qunut Nazilah, dan yang kedua adalah doa qunut di shalat subuh. Doa qunut Nazilah disunnahkan agar pada saat shalat fardlu ketika ada sebuah bencana besar yang menimpa umat Islam baik dalam negeri maupun luar negeri. Bencana itu misalnya gempa bumi, longsor, banjir, penyerangan oleh musuh Islam, dan lainnya.

Adapun qunut pada shalat subuh harus dibaca pada saat orang yang mengerjakan shalat subuhpada waktu berdiri tenang setelah ruku’ atau I’tidal, dan pada pelaksanaan shalat Witir di bulan Ramadhan.

Hukum qunut subuh oleh mazhab imam syafii adalah Sunnah Muakkad. Sunnah Muakkad adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena ditemukan qorinah kuat bahwa Nabi Saw mengerjakan hal tersebut, akan tetapi meninggalkannya bukanlah termasuk maksiat atau perbuatan dosa.

Syeikh Zainuddin al-Fannani yang membuat kitab Fathul Mu’in pernah menyampaikan nasehat bahwa harus membaca doa qunut yang diajarkan oleh nabi Muhammad Saw, baru setelah itu dapat membaca doa yang lainnya, misalnya doa qunut oleh sahabat Umar bin Khattab ra.

Hal itu memiliku tujuan, supaya doa qunut tersebut sesuai dengan sunnah rasulullah Saw, sehingga doa yang dibacakan insyaAllah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Syeikh Zainuddin al-Fannani memberikan penjabaran bahwa boleh orang yang sholat menambahkan doa qunut yang diambil dari ayat Al Qur’an atau al Hadist.

Itulah pembahasan ringkas mengenai hukum qunut subuh menurut imam syafii dan ulama yang mengikuti mazhabnya, teruslah menambah ilmu agama agar menjadi pelita di akhirat kelak.

Selanjutnya : Quotes Romantis Dalam Film Yang Sangat Mendalam
Sebelumnya: Cari Kerja jadi Geng Mafia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar