Ragam Bencana Alam di Indonesia


Bencana alam merupakan kejadian yang disebabkan oleh perubahan alam yang mengakibatkan kerusakan di sekitarnya dan tak jarang menimbulkan berbagai kerugian harta benda hingga korban jiwa. Wilayah Indonesia merupakan daerah yang cukup sering mendapatkan bencana. Berikut ini macam-macam bencana alam di Indonesia.

1.  Gempa Bumi

Indonesia terletak di antara tiga lempeng tektonik yang sangat aktif, yaitu lempeng pasifik, lempeng Australia, dan lempeng Eurasia. Indonesia juga dilalui oleh dua rangkaian pegunungan, yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Sehingga, gempa bumi di Indonesia bisa terjadi akibat pergeseran lempeng bumi (gempa tektonik) dan akibat letusan gunung berapi (gempa vulkanik).

2.  Gunung Meletus

Dua jalur pegunungan utama di dunia menyebabkan Indonesia sangat rawan akan letusan gunung berapi.

3.  Tsunami

Bencana tsunami masih memiliki keterkaitan dengan gempa bumi. Jika episentrum suatu gempa bumi ada di dasar laut, maka dapat berpotensi terjadinya tsunami, yaitu gelombang besar yang menerjang pantai hingga jauh ke wilayah daratan. Tinggi gelombang tsunami bisa mencapai lebih dari 10 meter dan menjangkau beberapa kilometer ke wilayah daratan.

4.  Banjir

Bencana banjir sebenarnya lebih disebabkan oleh ulah manusia yang menjadikan sungai-sungai tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, seperti membuang sampah sembarangan dan membangun pemukiman di bantaran sungai. Selain itu, penggundulan hutan di dataran tinggi juga membuat tanah tak lagi sanggup menyimpan air, sehingga air melimpah ke kepermukaan.

5.  Longsor

Longsor merupakan peristiwa jatuhnya tanah dari dataran tinggi dengan sangat cepat dalam jumlah yang besar. Penyebabnya adalah tidak adanya penahan pada tanah yang biasanya berupa akar pohon besar. Hal ini bisa terjadi karena penebangan hutan secara liar.

6.  Kebakaran hutan

Musim kemarau yang panjang dan hembusan angin dapat mengakibatkan tanaman seperti ilalang menjadi kering dan saling bergesekkan terus menerus sehingga menyebabkan timbulnya percikan api yang akan dengan mudah membesar karena keringnya wilayah sekitar. Selain itu, kebakaran hutan juga bisa dihasilkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang membakar hutan untuk membuka lahan perkebunan.

Demikian macam-macam bencana alam di Indonesia. Alangkah baiknya, jika mulai saat ini, kita berhenti merusak alam dan mulai melestarikannya, karena di masa depan keturunan kita masih harus tinggal di bumi ini.

Selanjutnya : Harga Tiket Lion Air Padang Sampai Bima
Sebelumnya: Manfaat dan Keuntungan Zikir Malam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar