Ragam Suku Bangsa di Pulau Jawa dan Kalimantan


Ada Ragam suku bangsa di setiap pulau di Indonesia. Keberadaan suku bangsa ini pula yang membuat Indonesia kaya akan budaya dan memiliki keistimewaan bila dibandingkan dengan negara lain. Contohnya saja dua pulau terbesar di Indonesia yakni Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Kedua pulau ini memiliki beberapa suku bangsa dengan keunikannya masing-masing.

Suku Bangsa di Pulau Jawa

Suku bangsa di Pulau Jawa tidak hanya didominasi oleh suku bangsa Jawa, tetapi ada pula suku bangsa lainnya. Berikut ini beberapa suku bangsa yang mendiami Pulau Jawa.

• Suku Bangsa Sunda

Suku bangsa Sunda sebagian besar mendiami wilayah Jawa Barat, Jakarta, Banten dan sebagian kecil mendiami wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur serta tersebar di sebagian Sumatera. Suku bangsa ini memiliki bahasa sendiri yakni bahasa Sunda. Sedangkan untuk bidang kesenian, suku bangsa Sunda mempunyai seni tari yang utama dan sangat dikenal yakni tari topeng, tari merak dan tari jaipongan.

• Suku Bangsa Tengger

Suku bangsa Tengger bisa ditemukan di sekitar Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Mereka ini adalah keturunan penduduk asli Jawa yang hidup di masa kejayaan Majapahit.

• Suku Bangsa Betawi

Suku bangsa Betawi pada umumnya mendiami wilayah Jakarta. Suku ini merupakan perpaduan antara beberapa suku bangsa seperti Suku Jawa, Sunda, Bali dan beberapa suku lainnya yang mendiami Jakarta. Karena itu pula, kesenian dan bahasa yang digunakan suku bangsa ini adalah hasil perpaduan antara beberapa suku bangsa.

Suku Bangsa di Pulau Kalimantan

Ragam suku bangsa yang mendiami Pulau Kalimantan secara umum dikelompokkan ke dalam tiga suku bangsa yakni suku bangsa Dayak, suku bangsa Banjar dan suku-suku lainnya di luar suku bangsa Dayak dan suku bangsa Banjar.

• Suku Bangsa Banjar

Suku bangsa Banjar mendiami sebagian besar Kalimantan Selatan, di sebagian Kalimantan Tengah dan di sebagian Kalimantan Timur. Makanan suku bangsa Banjar yang dikenal secara luas oleh masyarakat di Indonesia antara lain sate Banjar, soto Banjar dan kue bingka.

• Suku Bangsa Dayak

Suku bangsa Dayak terdiri atas beberapa rumpun. Kesenian suku bangsa Dayak yang cukup dikenal adalah Tari Gantar yang sering dipertunjukkan untuk menyambut tamu dan beberapa acara lainnya.

• Suku Bangsa Lainnya

Selain suku bangsa Banjar dan suku bangsa Dayak, beberapa suku bangsa yang tinggal di Kalimantan yakni suku bangsa Melayu, Kutai dan Paser. Suku-suku bangsa ini tersebar di berbagai wilayah di Kalimantan.

Nah, demikianlah ragam suku bangsa di Pulau Jawa dan Kalimantan. Semoga bisa menambah pengetahuan terutama mengenai suku bangsa yang tinggal di wilayah Indonesia.

Selanjutnya : Straight News Adalah Berita Lempang
Sebelumnya: Macam-macam Daun Biji-bijian untuk Penyubur Rambut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar