Raja Mulawarman Sebagai Raja Kerajaan Kutai


Kerajaan Kutai berpusat di Kalimantan Timur. Kerajaan ini merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Pendiri kerajaan ini adalah Kudungga. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-4 bercorak Hindu. Letak Kerajaan Kutai berada di tepi sungai Mahakam. Sungai Mahakan itu sendiri bersebelahan dengan kota Tenggarong. Raja yang terkenal di Kerajaan Kutai adalah Raja Mulawarman.

Mulawarman adalah anak dari Raja Aswaraman, raja setelah Kudungga. Mulawarman sendiri merupakan raja ketiga dari Kerajaan Kutai. Seperti ayahnya, Mulawarman memeluk agama Hindu dan karena itulah kerajaan ini disebut juga sebagai kerajaan Hindu pertama di Indonesia.

Kerajaan Kutai berkembang pesat dan mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Mulawarman. Selain menguasai Kalimantan bagian Timur, Mulawarman juga berhasil menaklukkan sebagian besar daerah Kalimantan. Dengan luasnya kekuasaan tersebut semakin membuat nama Mulawarman berkibar.

Kehidupan rakyat pada masa itu sangat makmur. Kehidupan rakyat terjamin dan dapat melangsungkan hidup dengan baik. Keamanan rakyat pun terjaga di bawah pemerintahan Mulawarman. Rakyat mendapatkan kesejahteraan pada masa itu. Kehidupan rakyat yang tentram membuat rakyat bangga terhadap raja mereka.

Mulawarman terkenal sebagai raja yang dermawan. Pernah suatu hari dia memberikan kurang lebih 20.000 ekor sapi kepada para brahmana. Brahmana pun menyambut pemberian ini dengan baik. Dengan bantuan para prajurit, ia mencanangkan batas-batas wilayah dengan jelas.

Pada masa pemerintahan Mulawarman banyak bangunan-bangunan suci yang didirikan, seperti bangunan suci untuk penyembahan kepada Dewa Trimurti yang disebut dengan Waprakeswara. Selain itu, banyak arca yang dibuat berdasarkan agama Hindu, seperti Arca Siwa dan Arca Ganesha. Sejumlah arca itu berada di Gua Kembang, Pedalaman Kutai.

Peninggalan yang sangat terkenal pada pemerintahan Mulawarman adalah Menhir dan Yupa. Menhir ini dibuat untuk pemujaan terhadap nenek moyang. Sedangkan Yupa dibuat sebagai tempat mengikat hewan kurban. Bentuk Menhir dan Yupa sama-sama menyerupai tugu batu.

Namun, meskipun mengalami masa kejayaan yang besar di bawah pemerintahan Raja Mulawarman sebagai raja Kerajaan Kutai, catatan-catatan sejarah kerajaan ini tergolong sedikit. Prasasti-prasasti dan peninggalan kerajaan yang ditemukan tidak banyak menjelaskan tentang keberadaan kerajaan tertua di Indonesia ini.

Selanjutnya : Bagaimana Mengukur Hambatan Listrik dengan Hukum Ohm
Sebelumnya: Macam Nama-nama Vitamin dan Manfaatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar