Raja Hayam Wuruk Adalah Raja yang Terkenal di Kerajaan Majapahit


Siapa yang tak mengenal dengan Kerajaan Majapahit dan Hayam Wuruk adalah raja yang terkenal di Kerajaan Majapahit. Kerajaan yang pernah ada dan menguasai di Nusantara tercinta kita ini.

Kerajaan Majaphit merupakan kerajaan besar dan beragama Hindu Budha. Berdiri pada tahun 1294 dengan pendirinya Raden Wijaya yang memiliki gelar Kertarajasa Jayawardana. Raden Wijaya adalah keturunan dari Raja Singosari “Ken Arok“. Berikut ini adalah nama-nama Raja yang pernah memerintah di Kerajaan Majapahit.

  1. Raden Wijaya 1273-1309
  2. Jayanegara 1309-1328
  3. Tribhuwanatunggaldewi 1328-1350
  4. Hayam Wuruk 1350-1389
  5. Wikramawardana 1389-1429
  6. Kertabhumi 1429-1478

Pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mencapai puncak keemasan. Majapahit telah memiliki armada laut yang kuat dan tangguh, memiliki sistem pertanian yang baik, disertai dengan perdagangan yang ramai. Hal inilah yang membuat Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan besar dan sangat maju di Nusantara tercinta ini.

Selain itu, Raja Hayam Wuruk dalam pemerintahannya juga memiliki patih yang sangat bisa dibanggakan, yaitu Patih Gajah Mada. Di bawah kepemimpinan Patih Gajah Mada, Kerajaan Majapahit berhasil menaklukkan wilayah-wilayah lain di Nusantara ini, sehingga Patih Gajah Mada membuat Sumpah Palapa berbunyi bahwa “Ia tidak akan makan buah palapa sebelum berhasil menyatukan seluruh wilayah Nusantara”.

Di masa Raja Hayam Wuruk hiduplah seorang Mpu yang bernama Mpu Prapanca yang terkenal dengan kitab karangannya yang berjudul “Negara Kertagama”. Kitab ini menceritakan tentang kehidupan di zaman keemasan Raja Hayam Wuruk dan juga berisi silsilah raja sebelum tahun 1364.

Setelah Patih Gajah Mada meninggal dunia kemudian disusul dengan meninggalnya Raja Hayam Wuruk, maka kekuasaan kerajaan Majapahit mengalami kemunduran. Selain itu hal-hal lainnya yang menyebabkan mundurnya atau ambruknya kerajaan Majapahit adalah adanya perang saudara yang lebih dikenal dengan nama “Perang Paregreg“ yang meletus pada tahun 1401 – 1406. Perang saudara tersebut ingin berebut wilayah bawahan yang akan melepaskan diri dari wilayah kerajaan Majapahit.

Peninggalan Kerajaan Majapahit yang dikenal hingga saat ini, seperti bangunan Candi Penataran, Muara Takus, Sawentar dan Tiga Wangi, Kitab Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca, dan Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular yang memuat semboyan Negara kita “Bhinneka Tunggal Ika”. Demikian sekilas mengenai Raja Hayam Wuruk, raja yang terkenal di Kerajaan Majapahit.

Selanjutnya : Berbagai Teori Mutu Pelayanan menurut Para Ahli
Sebelumnya: Nama Bayi Perempuan Kristen yang Lengkap Beserta Artinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar