Ramalan Weton Jawa

Ramalan weton Jawa sering dipakai untuk menentukan banyak hal dalam kehidupan. Secara garis besar, kehidupan bagi masyarakata Jawa harus memiliki arti dan hitungan tersendiri. Ramalan weton ini banyak dipakai untuk mengetahui banyak hal, seperti kelahiran anak, watak dan kepribadian, serta hari atau tanggal penting untuk acara yang akan dilakukan.

Apa Itu Weton?

Weton berasal dari akar budaya Jawa tradisional dan melekat kuat di masyarakat Jawa. Weton dapat dikatakan sebagai sebuah penanda atau hitungan yang akan digunakan berdasarkan hari lahir seseorang. Jadi, sangat penting untuk mengingat hari kelahiran seorang anak di dalam penanggalan Jawa.

Hal-Hal yang Dihitung dalam Weton Jawa

Banyak hal yang dihitung berdasarkan kalender Jawa dalam kehidupan masyarakat Jawa ini. Orang tua atau sesepuh yang masih memegang kuat tradisi ini memulai perhitungan jika ingin melakukan sesuatu hal yang baru. Walaupun kini banyak generasi muda dalam masyarakat Jawa yang sudah tidak begitu mempercayai tradisi perhitungan berdasarkan weton ini, namun budaya ini masih tetap ada dan dilestarikan.

Yang termasuk dalam weton ini antara lain:

  • Penentuan tanggal lahir, bulan lahir, maupun tahun kelahiran seorang anak dalam perhitungan Jawa ini berdasarkan kalender Jawa.
  • Penentuan hari lahir dalam kalender Jawa, seperti Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing.

Ramalan weton Jawa ini banyak digunakan untuk menentukan pertistiwa penting di dalam masyarakat Jawa, seperti :

  • Melihat dan mengetahui watak atau kepribadian yang dimiliki oleh sang anak berdasarkan hari kelahirannya. Dengan mengetahui watak anak, biasanya orang tua akan mengarahkan tujuan hidup sang anak kelak, seperti cita-citanya, apa saja yang harus dilakukan untuk mengejar cita-citanya tersebut, dan cara untuk meredam watak jelek yang dimiliki oleh anak tersebut.
  • Untuk menentukan kecocokan dalam perjodohan atau sebelum pernikahan. Biasanya, hal ini dilakukan untuk melihat apakah pasangan yang akan menikah ini memiliki kesamaan dan keberuntungan jika hidup bersama. Jika hasilnya adalah negatif atau membawa banyak kesialan, biasanya keduanya akan dipisahkan atau dibatalkan perjodohan tersebut, tapi banyak juga yang akhirnya melakukan ritual lain dalam tradisi Jawa seperti ruwatan untuk membuang nasib buruk tersebut.
  • Menentukan peristiwa penting lainnya, seperti hari pada saat akan pindah ke rumah baru, hari membeli mobil baru, dan lainnya. Di masyarakat Jawa yang sebagian besar mempercayai perhitungan weton ini memang umumnya melakukan perhitungan agar selamat atau mendapatkan keberhasilan.

Nah, semoga ramalan weton Jawa ini dapat membantu untuk mengambil sebuah keputusan yang baik. Bagaimanapun, takdir, rezeki, dan jodoh hanyalah ditentukan oleh Tuhan.

Selanjutnya : Sejarah Kehadiran Radar Lampung Online
Sebelumnya: Komponen PC yang Harus Dirawat dalam Software
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...