Rangkuman Geografi Sifat Tanah Dilihat dari Sifat Fisika Tanah


Rangkuman Geografi sifat tanah sangat penting untuk mengetahui lebih lanjut mengenai permukaan bumi yang kita injak dan manfaatkan. Tanah berasal dari batuan yang melapuk di atas permukaan bumi. Pelapukan bebatuan ini disebabkan berbagai faktor seperti panas dingin yang datang silih berganti. 

Sifat Fisika Tanah

Pada dasarnya, tanah memiliki sifat fisika, kimia dan biologi. Berikut ulasan singkat mengenai sifat fisika tanah.

  • Sifat fisika tanah yang pertama yaitu tekstur tanah yang berhubungan dengan seberapa besar unsur alami tanah yang terkandung di dalamnya. Dilihat dari teksturnya tanah bisa dibagi dalam beberpa jenis seperti tanah liat, pasir dan lempung.
  • Sifat fisika tanah yang kedua yaitu struktur tanah yang berhubungan dengan proses bagaimana butir tanah mengikatkan diri pada butir tanah lainnya, bisa berbentuk remah atau tunggal ataupun gumpalan. Sebagai contoh, di gurun tanah bersifat tunggal tidak menggumpal karena kurangnya struktur tanah.
  • Sifat fisika tanah yang ketiga yaitu konsistensi tanah yang berhubungan dengan seberapa besar adhesi dan kohesi tanah di level kelembaban tertentu.
  • Sifat fisika tanah yang keempat yaitu lengas tanah yang berhubungan dengan kelembapan tanah. Contohnya bisa dilihat misalnya pada tanah yang menempel pada ubi ketika dipanen disebabkan karena tanah masih mengandung partikel air.
  • Sifat fisika tanah yang kelima yaitu udara tanah yang berhubungan dengan tingkat O2 di dalam tanah. Hal ini berpengaruh pada seberapa subur tanah tersebut.
  • Sifat fisika tanah yang keenam yaitu warna tanah yang beragam, misalnya ada tanah berwarna merah, coklat, kuning dan sebagainya. Para ahli tanah bisa menentukan kesuburan tanah dari warna tanah tersebut.
  • Sifat fisika tanah yang ketujuh yaitu suhu tanah. Kita bisa merasakan suhu tanah ini ketika menginjak tanah tertentu dengan kaki telanjang, misalnya pasir lebih panas dibandingkan lempung ketika diinjak dalam kondisi terik.
  • Sifat fisika tanah yang kedelapan disebut dengan permeabilitas tanah yang berhubungan dengan seberapa cepat rembesan air masuk ke dalam pori-pori tanah. Kecepatan rembesan ini dipengaruhi oleh tekstur tanah.
  • Sifat fisika tanah yang kesembilan yaitu drainase tanah yang berhubungan dengan tingkat kemampuan tanah untuk mengatur air yang ada di permukaan maupun di dalam tanah.

Itulah rangkuman geografi sifat tanah ini, semoga dapat membantu para ahli dan petani untuk menentukan apakah satu lahan potensial untuk penanaman atau tidak.

Selanjutnya : Lagu Klasik Era 90an Masih Banyak Yang Diminati
Sebelumnya: Apa Itu Proses Konsepsi?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar