Macam-macam Rangsangan Gerak pada Tumbuhan


Tumbuhan merupakan salah satu jenis makluk hidup. Sebagai salah satu cirinya sebagai makhluk hidup, tumbuhan dapat bergerak sebagaimana halnya makhluk hidup lainnnya. Namun, gerakan tumbuhan tidak memiliki kecepatan yang sama seperti hewan atau manusia. Gerakan tumbuhan cenderung lambat, bahkan beberapa di antaranya tidak terlihat secara kasat mata dan tidak disadari. Gerakan pada tumbuhan timbul jika ada rangsangan yang mengenai tumbuhan tersebut. Macam-macam rangsangan gerak pada tumbuhan dibagi menjadi dua, yaitu rangsangan dari luar dan rangsangan dari dalam tumbuhan itu sendiri.

Kedua macam rangsangan tersebut menghasilkan jenis-jenis gerakan yang berbeda. Rangsangan dari dalam tumbuhan itu sendiri menghasilkan gerakan endonom atau autonom. Gerak endonom pada tumbuhan disebabkan adanya rangsangan berupa faktor-faktor yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri. Misalnya, pecahnya kulit pada tumbuhan biji-bijian dan terbuka kotak spora pada tumbuhan paku dan lumut. Gerakan tersebut disebabkan perubahan kadar air di dalam bagian tumbuhan tersebut yang disebut dengan gerak higroskopis.

Sedangkan rangsangan dari luar yang menyebabkan tumbuhan bergerak menghasilkan gerak esionom atau etionom. Gerak esionom itu sendiri dibagi menjadi tiga macam, yaitu gerak tropisme, gerak nasti, dan gerak taksis.

Gerak tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah rangsangan yang datang pada tumbuhan tersebut. Gerak tersebut biasanya terjadi pada bagian cabang, daun, hingga bunga. Ada dua macam gerak tropisme, yaitu positif dan negatif. Tropsime positif adalah tumbuhan yang bergerak menuju sumber rangsang. Sedangkan tropisme negatif adalah tumbuhan yang bergerak menjauh dari sumber rangsang. Gerak tropisme dibagi menjadi gerak fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, kemotropisme, dan tigmotropisme.

Gerak nasti adalah gerakan tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh datangnya rangsangan, misalnya gerakan pada bunga sepatu yang mekar di siang hari dan menguncup pada malam hari. Gerak nasti dibagi menjadi gerak fotonasti, niktinasti, tigmonasti, termonasti, dan nasti kompleks.

Sedangkan gerak taksis adalah gerakan pindah tempat tumbuhan yang dipengaruhi oleh datangnya rangsangan. Rangsangannya meliputi cahaya dan zat kimia. Misalnya, euglena yang bergerak menuju cahaya.

Demikian macam-macam rangsangan gerak pada tumbuhan. Dengan demikian, sekarang kita dapat memahami jenis-jenis gerakan yang terjadi pada tumbuhan berdasarkan rangsangan yang datang pada tumbuhan tersebut.

Selanjutnya : Kerangka Makalah Tentang Sholat
Sebelumnya: Klasifikasi 20 Tanaman Buah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar