Rantai Makanan di Laut


Rantai makanan di laut memiliki alur yang cukup panjang, karena penghuni laut banyak dan beragam.  Dari yang ukurannya mikro, kemudian hewan lebih besar dan yang paling jumbo yakni paus, mamalia laut terbesar.

Alur rantai makanan pada ekosistem laut sangat panjang, untuk mencapai posisi hewan pemangsa ada sejumlah hewan yang dilalui dalam perputarannya.

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan merupakan lingkaran antar organisme dan mahluk yang saling berhubungan dalam hal suplai makanan. Penghuni rantai makanan ini saling ketergantungan.  Jika salah satu penghuni rantai makanan ini hilang, tentu sangat berdampak pada kelangsungan hidup penghuni yang lain.  Karena ketiadaan lagi sumber makanan.

Demikian juga ketika predator, atau hewan pemangsa tak lagi menduduki posisi teratas sistem ini alias punah karena perburuan. Maka akan terjadi ledakan populasi hewan di bawahnya.

Alur Rantai Makanan

Rantai makanan untuk penghuni samudera dimulai dari plankton yang ukurannya mikro. Dari plankton ini lantas dimakan oleh biota lain yang kedudukan diatasnya seperti udang krill, cumi-cumi, hewan vertebrata seperti ubur-ubur. Tingkat ketiga baru ikan, penyu dan mamalia laut lainnya.  Sedangkan rantai terakhir yang kedudukan paling atas adalah hewan-hewan predator, seperti hiu, barakuda, dan biota lain.

Kelompok Penghuni Rantai Makanan

Dari seluruh penghuni sea chain food ini dikelompokan menjadi tiga bagian, menurut karakter makanannya. Berikut ini tiga kelompok penghuni rantai makanan:

•  Kelompok predator

Kelompok predator berada di atas rantai makanan. Kelompok ini diisi oleh hewan-hewan karnivora. Pola makan hewan karnivora adalah pemangsa daging.  Selain itu karakter hewan jenis ini sangat agresif dan buas.  Memiliki instinc memburu dan membunuh mangsa.

•  Kelompok parasit

Kelompok kedua dihuni oleh organisme yang tumbuh berkembang pada organisme lainnya/inang. Pola makan parasit, adalah menghisap darah dan nutrisi pada inangnya untuk membantu pertembuhannya.

•  Kelompok saprofit

Sedangkan kelompok terakhir dihuni oleh organisme mikroba yang berkembang biak pada jasad hewan yang sudah mati. Sifat organisme ini adalah mengurai hewan-hewan yang sudah mati.
Demikianlah sedikit tentang rantai makanan di laut. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Referensi Buku Pedoman Membaca Emosi Orang
Sebelumnya: Kasih Tak Sampai : Rangkuman Novel Bahasa Sunda Siti Nurbaya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar