Rantai Makanan pada Ekosistem Sawah dan Pengertiannya

Rantai makanan pada ekosistem sawah dan pengertiannya adalah sebuah pelajaran dasar bagi para petani atau yang ingin terjun di dunia agrobisnis. Ini penting untuk mengetahui jenis-jenis hama, jenis-jenis makanan atau apapun yang berhubungan dengan ladang atau sawah mereka. Karena ketidaktahuan bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi para petani hingga akhirnya gagal panen dan kesedihan melanda karena bahkan untuk makan beras hasil sendiri pun tidak bisa.

Ekosistem di Sawah

Di sawah, terjadi hubungan antarmakhluk hidup yang berada di sana. Contoh yang paling mudah adalah manusia dengan padi. Kemudian padi adalah makanan tikus, tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh elang. Elang kemudian mati dan dikubur di dalam tanah. Di dalam tanah, elang diurai oleh jasad renik yang berfungsi menyuburkan tanaman. Tanaman menyerap jasad renik, kemudian tanaman dimakan tikus dan begitu seterusnya berulang.

Membaca penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa hal tersebut adalah rantai makanan yang terjadi di sawah. Secara ilmiah, maka dikatakan terjadi perpindahan energi yang melibatkan lebih dari dua makhluk. Dalam urutan di atas kemudian disimpulkan bahwa padi adalah produsen utama kemudian tikus konsumen pertama dilanjut dengan ular yang merupakan konsumen kedua berlanjut ke elang yang merupakan konsumen akhir karena elang tidak dimakan siapapun sampai dia mati.

Jasad renik kemudian dikatakan adalah produsen pendukung karena tanpa jasad renik pun sebenarnya padi bisa juga tumbuh namun seperti yang dikatakan bahwa jasad renik lebih berpengaruh kepada kesuburan. Padi disebut juga sebagai rantai pemangsa karena merupakan produsen utama. Bayangkan jika tidak ada padi maka tidak akan ada tikus, jika tidak ada tikus, tidak akan ada ular, tidak ada ular, maka elang tidak akan makan apa pun.

Contoh ini yang kemudian paling sering digunakan sebagai bahan ajar untuk menjelaskan hal-hal paling mendasar dalam pertanian atau pelajaran ilmu pengetahuan alam. Dengan demikian, penjelasan rantai makanan pada ekosistem sawah serta pengertiannya lebih kepada praktik yang bisa memperkuat faktor kognisi.

Rantai makanan pada ekosistem sawah dan pengertiannya menjadikan kita lebih memahami tentang bagaimana proses yang terjadi pada ekosistem yang berada di sawah.

Loading...
Selanjutnya : Sejarah Adanya Nyi Roro Kidul
Sebelumnya: Analisis Intervensi Negara Maju Terhadap Negara Berkembang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar