Reaksi Apa yang Terjadi Dalam Pencemaran Udara dan Akibatnya


Polusi udara bisa terjadi oleh apa saja yang mampu mengganggu kondisi udara yang semula bersih menjadi kotor. Udara kotor atau terpolusi sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Mengenai reaksi apa yang terjadi dalam pencemaran udara tidaklah begitu penting jika dibandingkan dengan akibatnya.

Reaksi yang terjadi di udara yang tercemar sangatlah banyak sekali. Salah satunya adalah proses pencampuran antara udara bersih yang mengandung oksigen dengan udara kotor yang mengandung karbon dioksida dan berbagai zat berbahaya lainnya yang bisa saja ditimbulkan oleh ulah manusia ataupun alam.

Sebagian besar polusi udara yang ada saat ini memang sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia daripada alam itu sendiri. Beberapa polusi udara yang disebabkan oleh manusia adalah sebagai berikut.

  • Asap kendaraan bermotor
  • Asap pembakaran pabrik
  • Asap pembakaran sampah rumah tangga
  • Asap pembakaran mesin
  • Asap rokok

Beberapa hal tersebutlah yang saat ini banyak menyumbang berbagai macam polusi yang ada di udara. Berbagai zat berbahaya seperti timbal dan berbagai zat berbahaya lainnya tersebar bebas di udara. Jika terhirup dan masuk ke dalam sistem pernapasan, maka akan mengganggu sistem pernapasan itu sendiri, sehingga mengakibatkan adanya sakit pada saluran pernapasan.

Tidak hanya zat kimia yang bersifat bahaya saja yang ada dan bertebaran di udara, tetapi beberapa partikel padat dan keras juga ikut bertebangan di udara. Misalnya saja, debu yang diakibatkan oleh laju dari kendaraan.Debu yang berterbangan juga ikut memberikan andil bagi kesehatan manusia. Bahkan bisa menyebabkan seseorang terkena alergi saluran pernapasan bagi yang kurang memiliki sistem kekebalan di dalam tubuhnya.

Selain faktor manusia, polusi juga bisa diakibatkan oleh alam. Misalnya saja, kebakaran hutan dan terjadinya letusan gunung berapi. Letusan gunung berapi mampu membuat udara terpolusi, baik polusi debu maupun gas beracun yang mengandung sulfur ataupun karbon dioksida.

Meskipun kandungan oksigen di sekitar kita terbilang cukup, tetapi jika terdapat juga kandungan karbondioksida dalam jumlah yang cukup besar, maka kita bisa mati keracunan. Jadi, mulai sekarang mari kita jaga udara agar tetap bersih dengan mengurangi berbagai faktor penyebab polusi, sekaligus diadakan gerakan penghijauan agar udara tetap bersih. Sedangkan reaksi apa yang terjadi dalam pencemaran udara tidaklah akan menjadi penting jika belum ada kesadaran untuk menjaga lingkungan itu sendiri.

Selanjutnya : Rasul Ulul Azmi beserta Mukjizatnya Masing-masing
Sebelumnya: Kiat Penanganan Kelinci Melahirkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar