Jenis Reel Pancing yang Bagus Buat Mancing Ikan Tenggiri


Memancing ikan adalah hobi yang mengasyikan dan membuat ketagihan. Apalagi bila hasil yang didapat besar-besar, dan termasuk jenis ikan yang banyak diincar pemancing seperti ikan tenggiri. Reel pancing yang bagus buat mancing ikan tenggiri tidak boleh sembarangan. Ada jenis khusus yang cocok untuk mendapatkan ikan tersebut.

Gunakan pancing dengan joran trolling dengan kelengkapan memiliki roller line untuk memancing ikan bertubuh besar dan bermoncong lancip itu. Namun bila Anda hanya memiliki joran kasting, maka pakai saja solid tube dengan gandengan dua.

Reel joran trolling yang digunakan haruslah bisa muat jenis tali ukuran 350M hingga 500M dan bobot beban yang mampu ditarik adalah 30 lbs sekitar 15 kilogram. Ini karena bobot ikan tenggiri sekitar angka demikian dan geraknya pun cukup lincah.

Demikian pula bila Anda memilih joran jenis kasting, pilih yang talinya mampu mengangkat bobot 30 lbs sekitar 15 kilogram juga. Gunakan penggulung yang besar sebab talinya pun banyak. Yaitu minimal 250M. Merk tali yang terbaik untuk ikan tenggiri adalah IGFA sebab kuat dan tahan dengan tarikan.

Mata kail tentu disarankan untuk memilih yang kuat pula sebab tenggiri adalah ikan bergigi tajam dan rawan memutuskan tali serta mata kail. Pilih mata kail dengan gagang yang panjang agar gigi tenggiri tak bisa memutuskannya. Ukuran ideal adalah nomor 3/0 sampai 5/0.

Untuk mencegah putusnya tali utama karena digigit ikan dengan gigi tajam, maka pakai selalu tali ganda atau tali pandu. Bahan tali pandu yang disarankan adalah dari Nyklin monowire, cukup kuat untuk mengatasi tarikan dan gigitan ikan. Atau bisa juga Nyklin multiwire.

Untuk swivel yang harus Anda tentukan juga sesuai tali yang Anda gunakan. Swivel atau kili-kili ini juga seharusnya terbuat dari bahan yang kuat.  Terakhir adalah umpan. Pilih umpan dari ikan hidup seperti kembung dan layur atau jenis ikan dengan ukuran sedang lainnya.

Jadi, bila persiapan reel pancing yang bagus buat mancing ikan tenggiri telah selesai Anda lakukan, sekarang tinggal mencari lokasi mancing yang bagus. Nah, selamat memancing.

Selanjutnya : Kado Ultah Untuk Perempuan 21 Tahun
Sebelumnya: Tugas Badan Intelijen Nasional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar