Referensi Militer Jepang dan Sejarah Peperangan

Menjadi negara maju, tentu saja terjadi dengan mudahnya. Entah itu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, hingga Jepang. Di antara negara-negara maju, Jepang adalah satu-satunya negara yang berasal dari Benua Asia, sama halnya dengan Indonesia.

Maka tidak ada salahnya jika kita mencari tahu sedikit informasi mengenai negara matahari terbit, antara lain referensi militer Jepang. Dalam sejarah bangsa kita, Jepang tercatat pernah menjajah Indonesia pada tahun 1942-1945.

Setelah berhasil menyingkirkan Belanda, Jepang dengan militernya yang luar biasa solid menduduki Indonesia selama kurang lebih 3,5 tahun dan menyisakan banyak kenangan yang tidak mengenakkan. Masa pendudukan Jepang ini baru berhasil diakhiri dengan proklamasi kemerdekaan RI.

Jepang merupakan negara yang tidak takut untuk berperang melawan musuh-musuhnya. Kekalahan Jepang akibat pemboman tentara sekutu di Nagasaki dan Hiroshima menunjukkan betapa Amerika Serikat tidak menyukai sepak terjang militer Jepang.

Penyebab agresifnya Jepang adalah doktrin dijajah atau menjajah. Di awal tahun 1900, Korea menjadi sasaran empuknya. Peperangan perdana ke negara lain ini didukung dengan perkembangan industri yang demikian pesat.

Angkatan perang semakin diperkuat. Setelah merasa memiliki modal perang cukup mumpuni, Jepang pun menunjukkan taringnya dengan menyerang Uni Soviet pada tahun 1905. Kehebatan Jepang terbukti pada saat perang itu.

Tiga dekade kemudian, Jepang menargetkan Cina sebagai lawan perangnya. Dengan kondisi negara yang tidak solid, Cina harus rela kehilangan beberapa bagian wilayah untuk dikuasai oleh Jepang. Perang ini membuat Cina terpuruk namun berhasil bangkit dengan kekuatan baru dari pihak komunis dan nasionalis.

Selain menguasai wilayah baru, peperangan yang diusung Jepang juga memiliki tujuan menguasai sumber alam yang terdapat pada wilayah tersebut. Dengan wilayah yang terbatas, kekayaan alamnya pun tidak mampu memenuhi kebutuhan yang tinggi. Mereka bergantung dengan impor dari negara lain.

Keberanian Jepang untuk menyerang Amerika Serikat mungkin menjadi awal penyesalan besar bagi masyarakat penganut agama Shinto tersebut. Penyerangan ke Pearl Harbour berhasil menghancurkan sebanyak 19 armada perang Amerika Serikat.

Kehancuran ini dibalas Amerika Serikat dengan serangan dahsyat ke Nagasaki dan Hiroshima. Orang-orang Jepang yang berdomisili di Amerika Serikat pun ditangkap dan dimasukkan ke dalam kamp. Dari situlah Jepang mulai mengurangi sifat agresifnya pada negara lain.

Demikianlah sekilas referensi militer Jepang dan perang-perang yang mengikutinya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Dua Jenis Pernapasan
Sebelumnya: Buku Referensi Benda-Benda Langit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...