Refleksi Pada Telapak Kaki: Pijatan Kaki Atasi Penyakit Jantung


Refleksi atau pemijatan kini menjadi pengobatan alternatif yang sering dipakai untuk menyembuhkan penyakit yang sulit penyembuhannya jika hanya dengan obat-obatan biasa. Selain itu, refleksi juga memiliki banyak manfaat.

Penyakit jantung tentu bisa menyerang siapapun, terutama mereka yang memiliki kebiasaan tidak sehat dan pola hidup yang tidak teratur. Kebiasaan itulah yang memicu tekanan darah tinggi dan berakibat pada jantung selain juga disebabkan oleh penyakit jantung bawaan, aritmia, kolestrol tinggi ataupun karena sindrom metabolik lainnya.

Refleksi pada telapak kaki adalah solusi alami yang aman bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan pengobatan medis. Stres yang akan memicu serangan jantung bisa dihilangkan hanya dengan memijat telapak-telapak kaki secara teratur.Pemijatan sering dipandang sebagai cara mudah dan murah untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan adalah penyakit jantung. Pijat, terutama di bagian telapak kaki seringkali meringankan rasa sakit yang dialami oleh penderita penyakit jantung. Pijatan pada titik-titik tertentu di bagian telapak akan memberikan energi tersendiri bagi tubuh untuk memperoleh keseimbangan.

Tukang pijat ahli biasanya akan menanyakan kondisi pasien sebelum melakukan pemijatan pada bagian-bagian tertentu tubuh karena kondisi tubuh setiap pasien berbeda. Refleksi pada telapak kaki akan merenggangkan otot sehingga oksigen bisa lancar dialirkan ke seluruh tubuh yang akan membuat irama jantung dan tekanan darah menjadi normal pula.

Memberikan tekanan ringan, sedang, dan keras pada telapak kaki akan membantu melancarkan aliran darah pada tubuh yang berpengaruh pada kondisi jantung. Pijatan tersebut praktis, tidak membutuhkan alat bantu, dan terutama lagi bisa dilakukan di mana saja. Namun jika dibutuhkan, alat bantu seperti stik kayu bisa digunakan untuk menguatkan pijatan.

Memijat dengan menggunakan krim berupa balsem atau minyak akan mempermudah pijatan selain menambah hangat tubuh pasien. Pijatan pada telapak kaki bisa dilakukan dari bawah ke atas mengikuti aliran darah dan pada titik-titik sendi yang berhubungan dengan jantung. Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan pijatan karena akan membuat tubuh menjadi kebal. Tentu pijatan-pijatan refleksi pada telapak kaki perlu diimbangi pula dengan pola hidup teratur yang direkomendasikan oleh dokter ahli jantung.

Selanjutnya : Jenis Permainan untuk Anak Usia Prasekolah
Sebelumnya: Cara Mengolah Jahe untuk Obat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar