Renungan Ulang Tahun Kelahiran


Renungan ulang tahun kelahiran merupakan ritual tahunan untuk mereview sejauh mana kita mengisi umur untuk perbuatan mulia. Seberapa besar dalam satu tahun kita hidup kita untuk beribadah dan mendekatkan diri pada Tuhan.   Ataukah dalam satu tahun justru kita tak berbuat apa-apa, kadar ibadahnya juga sama saja seperti tahun-tahun kemarin. Itu tandanya kita menyia-nyiakan hidup kita.

Renungan Ulang Tahun

Sebagai orang yang beragama ketika usia bertambah saat ulang tahun, pasti dia tercenung dan berintropeksi diri. Merenungi tentang apa saja yang diperbuat selama perjalan hidupnya.

Ulang tahun bukan berarti umur bertambah melainkan usia yang berkurang satu tahun dan artinya kematian setahun lebih dekat lagi. Makna ini mungkin dilupakan bagi kalangan anak muda, ulang tahun adalah waktunya pesta, karena umur semakin dewasa.

Manfaat Renungan Ulang Tahun

Renungan ulang tahun kelahiran memberi banyak manfaat bagi diri sendiri. Manfaat positifnya jelas sebagai bahan untuk membangun karakter diri agar lebih dewasa. Berikut ini penjelasan singkat tentang manfaat ulang tahun :

1. Menyadari Kesalahan

Manfaat merenungi perjalanan hidup selama satu tahun, membuat kita tahu apa saja kesalahan yang pernah diperbuat baik sadar maupun tak sadar. Pernah melontarkan omongan yang menyinggung perasaan orang lain. harapannya di tahun depan, kita semakin sedikit berbuat kesalahaan dan tak lagi mengulangi perbuatan tersebut.

2. Meningkatkan Taqwa

Renungan juga bermanfaat untuk meningkatkan taqwa, agar lebih giat melaksanakan ibadah. Mematuhi perintah-perintah Nya dan menjauhi larangannya guna mendapatkan syafaat dari Allah SWT. Harusnya semakin banyak umur bertambah, juga diikut meningkatnya kwalitas ibadah, jangan sebaliknya semakin tua malah semakin bandel, malas beribadah.

3. Berpikir Bijaksana

Orang bijak bukan karena wataknya saja, untuk mencapai taraf bijak perlu ada perenungan mendalam. Serta merubah sikap dan pola pikir. Semakin tua, seharusnya seseorang bisa bersikap bijak dalam segala hal.

4. Lebih Mudah Mengendalikan Emosi

Manfaat terakhir adalah dengan merenungi diri, kita bisa mengendalikan emosi, agar tak cepat meluap-luap, saat menghadapi permasalahan.

Point-Point yang menjadi Bahan Renungan

Ada sejumlah point yang biasa dijadikan bahan renungan dan intropeksi diri saat usia semakin bertambah tua.

1. Pencapaian Karya

Pertama selama setahun seberapa besar Anda bisa membuat karya-karya yang berguna bagi masyarakat.  Kalaupun belum berhasil mencapai target yang telah ditentukan, diharapkan tahun depan semakin semangat.

2. Kualitas Ibadah

Bahan renungan kedua adalah seberapa besar kwalitas ibadah yang pernah dilakukan setahun belakangan ini. Dalam satu tahun sudah katam Al Quran berapa kali? Atau dalam satu tahun apakah berhasil menegakan sholat lima waktu atau belum?

3. Kegiatan yang Berguna

Bahan renungan ketiga, seberapa banyak  Anda melakukan perbuatan mulia yang berguna untuk orang lain. Misalnya ikut donor darah, atau jadi relawan atau hal-hal kecil tapi memberi manfaat luar biasa bagi orang lain.

Demikianlah tips renungan ulang tahun kelahiran. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pengertian Tepi Pantai, Manfaat, dan Ekosistem di Dalamnya
Sebelumnya: Ukuran Bahan untuk Membuat Baju :: Langkah-langkah Belajar Menjahit Pakaian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar