Resensi Cerpen Non Fiksi


Pernahkan mendengar kata resensi? Mungkin Anda sudah sering mengikuti acaranya, atau malah jangan-jangan Anda lah narasumbernya. Mengapa saya tanyakan? Sebab masih banyak orang yang belum tahu arti kata resensi itu namun sebenarnya sudah sering kali terlibat dalam kegiatannya, seperti resensi cerpen non fiksi dan fiksi.

Pengertian Resensi

Nama lain resensi adalah bedah buku yang dalam bahasa Inggrisnya disebut a book review/a book report, jadi pengertian resensi adalah menjelaskan kembali isi suatu buku yang telah kita baca secara ringkas dengan diberi tambahan berupa saran, kekurangan, dan kelebihan. Namun pada pelaksanaanya, resensi tidak hanya dilakukan terhadap buku, bisa juga resensi cerpen, film, atau lagu dan pada kesempatan ini kita akan membahas resensi cerpen non fiksi.

Manfaat Resensi

Pastinya ada banyak manfaat dari resensi ini, diantaranya adalah:

  • Bagi orang yang melakukan resensi, maka minimal ia telah membaca cerpen yang akan diresensi.
  • Dengan melakukan resensi maka akanĀ  memiliki pemahaman yang mendalam isi dari cerpen yang telah dibaca. Sehingga tidak akan mudah lupa sepanjang hidupnya.
  • Mengasah kemampuan intelektual. Sebab harus berpikir keras untuk meringkas, memberi saran, menambahkan masukan positip berupa kekurangan dan kelebihan dari cerpen yang diresensi.
  • Keuntungan finansial. Resensi yang baik dapat diterbitkanĀ  oleh media dengan imbalan fee. Atau bisa juga dijadikan sebagai nara sumber acara bedah buku di berbagai forum.
  • Bagi para pembaca, resensi dapat dijadikan acuan dalam memilih bacaan yang tepat bagi dirinya.

Macam-macam Resensi

Setidaknya ada tiga macam resesnsi yang selama ini telah dilakukan oleh banyak orang, termasuk dalam melakukan resensi cerpen non fiksi ini yaitu :

  • Informatif. Resensi yang hanya sekedar menyampaikan informasi secara umum dan singkat dari keseluruhan isi cerpen.
  • Deskriptif. Resensi cerpen non fiksi yang bersifat paparan denganĀ  ulasan yang sangat detail. Jauh lebih lengkap dibandingkan jenis yang pertama (informatif).
  • Kritis. Resensi cerpen non fiksi yang tidak hanya detail, tetapi juga bersifat kritis-objektif.

Dengan menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu menjadikan resensi jenis ini lebih berbobot dan berkualitas dibandingkan jenis resesnsi lainnya. Ketiga jenis resensi ini tidaklah bersifat baku, sebab bisa jadi resensi yang dilakukan merupakan kombinasi dari dua atau tiganya jenis resensi yang ada.

Unsur-unsur Resensi Cerpen Non Fiksi

1. Judul resensi
2. Identitas cerpen
3. Sinopsis
4. Kelebihan/kekurangan
5. Unsur intrinsik
6. Unsur Ekstrinsik
7. Kesimpulan

Selanjutnya : Referensi Web Film Indonesia untuk Pecinta Film
Sebelumnya: Mengenal Wayang Kulit Purwa dan Golongannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar