Pembahasan Resensi Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Mochtar Lubis


Siapa yang tidak tahu jika mendengar nama Mochtar Lubis, salah satu pengarang novel handal yang karyanya sering dijadikan mata pelajaran saat kita sekolah. Sehingga kita menjadi tahu karyanya, untuk itu dalam artikel ini menarik jika kita membahas resensi novel Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis.

Ini adalah sebuah cerita seorang guru yang hidup pada zaman revolusi dimana ia sedang berjalan di tengah kesunyian jalan, saat rasa sepi melanda ia mendengar suara tembakan di jalan jaksa. Saat itu ada di daerah tanah abang. Dalam resensi ada beberapa ringkasan untuk memberikan informasi agar kita dengan detail mengetahuinya, seperti amanat yang terkandung pada tulisan tersebut, amanat yang terkandung pada cerita tersebut adalah sebuah keyakinan, dimana ada keyakinan di situlah sebaiknya kita mulai memperjuangkan apa yang menurut kita pantas untuk diperjuangkan.

Dalam penulisan cerita tersebut memiliki alur yang maju, tidak ada flashback. Cerita terus dideskripsikan dengan cerita yang menuju arah ke masa depan, tanpa melihat ke belakang.

Resensi novel Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis ini memiliki gaya penulisan sesuai EYD, dan sudut pandang yang dipakai adalah sudut pandang orang pertama dan ketiga. Dapat kita simpulkan mengenai karangan Mochtar Lubis ini, yaitu dengan latar di Jakarta, seorang guru yang memiliki keyakinan dalam memperjuangkan suatu hal. Sehingga ada pesan yang diberikan pada karangan ini, bahwa kita sebagai manusia tidak perlu takut melakukan hal yang berguna baik bagi diri sendiri maupun orang lain, akan selalu ada tempat yang luas bagi kita yang ikhlas melakukan kebaikan tersebut.

Setiap kita akan memiliki kenangan seperti karangan Mochtar Lubis ini. Jaman revolusi yang ada pada karangan tersebut adalah sebuah contoh jaman yang sedang mengalami perubahan. Seseorang yang ada pada jaman itu siapapun dia adalah pejuang untuk dirinya dan orang lain. Akan bernilai sekali jika karangan ini terus diingat dan menjadi kenangan untuk kita penerus bangsa, untuk dijadikan inspirasi kita dalam meneruskan kehidupan kita.

Itulas sekilas mengenai resensi novel Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mencoba Resep Es Teler Makassar yang Segar dan Maknyus
Sebelumnya: Kerawuhan: Komunikasi dengan Alam Gaib Menurut Hindu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar