Resep Bumbu Tahu Petis

Tahu merupakan makanan favorit Indonesia yang murah meriah dan memiliki kandungan gizi yang banyak. Tahu memiliki protein nabati, asam amino terlengkap dan sebagai salah satu makanan yang memiliki kemampuan daya cerna hingga 85% hingga 98%. Adapun beberapa kandungan lain seperti kalori, fosfor, vitamin B kompleks, mineral, lemak dan vitamin E dan B12. Makanan tahu juga digunakan sebagai makanan yang sedikit kadar kolesterolnya. Dari uraian di atas yang memiliki banyak manfaat, kesempatan kali ini kita memasak resep bumbu tahu petis.

Tahu Petis

Berikut adalah bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu:

• Tahu sebanyak 15 buah
• Petis udang (1 ½ sdm)
• Gula aren (2 sdm)
• Kecap manis (2sdm)
• Tepung beras yang telah dilarutkan (3 sdm)
• Bawang putih yang telah dihaluskan sebanyak 3 siung
• Air yang berukuran 300 mili liter
• Minyak goreng secukupnya
• Garam secukupnya

Dari bahan-bahan di atas sebelum dimasak pastikan terlebih dahulu, jika kamu suka dengan rasa pedas, bisa ditambahkan dengan cabai rawit merah sebanyak 20 biji, atau selera masing-masing.

Agar memberikan tambahan aroma harum, tambahkan bawang goreng, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan tidak menggunakan bawang goreng jika tidak selera. Langkah selanjutnya pembuatan tahu petis sebagai berikut.

Pertama, mengoreng tahu terlebih dahulu, agar tahu matang dan menambah selera makan. cara kedua dengan cara menumis bawang putih hingga harum. Saat menumis perhatikan besar api pada kompor, karena api yang terlalu besar justru akan membuat bawang cepat gosong, api yang bagus adalah api yang sedang sedang saja.

Biarkan bawang putih hingga harum, dan masukkan petis besar garam. Ketiga, air 300 ml tadi masukkan ketika harumnya tercium harum. Biarkan air tersebut mendidih terlebih dahulu. Ketika air telah mendidih, masukkan tepung beras, lakukan pengadukan secara rata dan mengental. Nah inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai tengahannya.

Tahu yang sudah digoreng tersebut dibelah menjadi dua bagian. Perlu diperhatikan ketika melakukan pembelahan jangan sampai tahu putus/terbelah menjadi dua. Karena tengah-tengah tahu tersebut akan kita olesi dengan petis yang sudah dibuat.

Jadi cabe dan bawang gorengnya sekedar untuk lalapan setelah tahu petis sudah jadi. Inilah resep bumbu tahu petis yang siap untuk di santap.

Loading...
Selanjutnya : Karakteristik Seorang Libra
Sebelumnya: Seluk Beluk Kendaraan yang Menimbulkan Kemacetan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar