Mencoba Resep Es Teler Makassar yang Segar dan Maknyus


Resep es teler Makassar termasuk salah satu minuman favorit di kota Makassar, dan kota-kota lain terutama yang berudara panas. Untuk bisa menikmati segelas es teler Makassar yang segar dan maknyus ini, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sebenarnya tidak terlalu susah mencari.

Sirup sebagai bahan utama, terutama sirupyang berwarna merah agar hasilnya terlihat cantik ketika disajikan dalam gelas atau mangkuk. Berbagai rasa sirup bisa Anda gunakan, asalkan jangan rasa jeruk karena sirup rasa jarak rasanya sangat kuat dan tidak begitu nikmat ketika dipadu dengan bahan-bahan lain yang juga berasal dari buah-buahan.

Bahan-bahan penambahnya, sebenarnya bisa dikreasikan sendiri. Bahan tambahan utama dalam es teler Makassar adalah kolang-kaling, buah nangka dan alpukat. Bahan-bahan ini bisa disesuaikan dengan kegemaran sendiri. Bila tidak menyenangi buah nangka misalnya, Anda bisa menggantinya dengan mangga yang dipotong dadu.

Inilah Resep Es Teler Makassar

Untuk menikmat segar dan maknyusnya es teler Makassar, bahan-bahan yang harus Anda sediakan untuk membuat satu gelas es teler Makassar ini yaitu kolang-kaling manis sebanyak 10 buah, kemudian potong-potong. Bentuk potongannya bisa disesuaikan dengan keinginan, apakah bentuk dada, atau mengikuti bentuk kolang-kaling itu sendiri.

Kemudian iris buah nangka sebanyak kurang lebih satu sendok makan. Kerok buah alpukat sebanyak 3 sendok makan, atau bisa ditambah bila memang menyenangi rasa buah alpukat yang lembut, tambahkan kelapa muda yang telah dikerok sebanyak 2 sendok makan dan sirup merah 3 sendok makan, susu kental manis putih secukupnya. Dan nanti sebagai penutup, siapkan es serut.

Cara membuat adalah siapkan satu gelas cukup besar, kemudian masukkan irisan kolang-kaling, nangka yang telah dipotong-potong, kepala muda yang telah diserut, alpukat dan kelapa muda. Bila bahan-bahan tersebut telah ditata dengan cantik di dalam gelas, kemudian tuangkan sirup merah lalu tuangkan juga susu kental manis putih. Sebagai penutup sajikan es serut di atasnya.

Cara lain adalah setelah menatap buah-buahan, Anda simpan es serut di atasnya, lalu tuang ke dalam gundukan es serut tersebut sirop merah, kemudian susu kental manis. Hasilnya akan terlihat lebih cantik. Demikianlah cara membuat resep es teler Makassar, bisa dinikmati pada saat udara sedang panas. Selamat menikmati.

Selanjutnya : Map dan Radar, Alat Mendeteksi Permainan PB Point Blank
Sebelumnya: Pembahasan Resensi Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Mochtar Lubis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar