Resep Kripik Kentang Pedas Manis

Makan kripik sebagai camilan rasanya kurang pas kalau tidak ada rasa pedasnya. Selain kripik singkong super pedas yang biasa disebut pikset atau kripik setan, kita juga dapat membuat sendiri resep kripik kentang pedas manis.

Kripik Kentang Pedas Manis

Resep kripik kentang pedas manis tidaklah serumit yang kita bayangkan sehingga kita dapat mempraktekkannya sendiri di rumah. Kripik kentang manis pedas juga cocok untuk dinikmati dengan nasi hangat bagi semua anggota keluarga.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 1 kg kentang yang sudah diiris tipis-tipis dan direndam dalam air dingin, 3 sendok makan bawang merah goreng, 3 sendok makan bawang putih goreng, 5 buah cabai merah tanpa biji yang telah digoreng kering, 3 buah cabai kering keriting yang telah dihaluskan, ½ sendok teh terasi matang, 5 sendok makan gula merah diiris tipis-tipis, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh sari asam.

Pembuatan kripik kentang pedas diawali dengan memanaskan minyak goreng dalam wajan di atas kompor berapi kecil. Kemudian, irisan-irisan kentang dimasukkan ke dalam wajan dan diaduk agar tidak lengket atau menempel satu sama lain. Setelah irisan kentang berubah warna menjadi kecokelatan, irisan kentang diangkat dan ditiriskan. Selanjutnya, cabai keriting halus ditumis dengan 1 sendok minyak hingga matang.

Setelah itu, terasi, gula, dan sari asam dididihkan di atas kompor berapi kecil, sambil diaduk hingga tidak mengandung air lagi. Kripik kentang, bawang merah dan bawang putih goreng, serta garam lalu dimasukkan ke dalam adonan bumbu dan diaduk hingga merata. Saat ini harum kripik kentang manis pedas Anda pasti sudah merebak dan tercium ke mana-mana.

Kripik kentang yang telah terlapisi bumbu manis pedas ini kemudian diangkat dan ditiriskan. Setelah dingin, kripik harus langsung disimpan dalam toples kedap udara agar tidak cepat melempem.

Kripik kentang manis pedas kini dapat dinikmati sebagai camilan ataupun pelengkap menu makan siang Anda dan keluarga di rumah. Selain itu, resep kripik kentang pedas manis ini juga dapat dikembangkan untuk bisnis makanan ringan. Silakan mencoba.

Selanjutnya : Bagaimana Penulisan Gelar yang Benar
Sebelumnya: Cara Merawat Burung Cucak Jenggot
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading