Resep Makanan Bayi 5 Bulan

Resep makanan bayi 5 bulan sangat mudah untuk dibuat sendiri. Anda tidak perlu bingung-bingungĀ  si kecil harus diberi makan apa saat mereka sudah menginjak umur 5 bulan. Sedangkan untuk asupan ASI saja sepertinya kurang. Usia ini, bayi sudah harus diperkenalkan dengan makanan lain. Ini dilakukan untuk mencegah si kecil alergi atau tidak mau makan selain susu.

Menu makanan untuk si kecil yang sudah berusia 5 bulan bisa diberi ASI dengan tambahan susu formula sebagai selingan. Selain itu juga bisa diberi bubur sereal beras ataupun bubur tepung beras. Dilanjutkan memberi sereal biji-bijian lain. Kita lihat dulu perkembangan makan si kecil, jika sudah terlihat kalau si kecil bisa makan maka bisa ditambah dengan bubur sayuran atau labu-labuan dan bisa juga diberi ubi manis

Selain sayur-sayuran dan umbi-umbian juga bisa diberi bubur buah-buahan misalnya bubur buah apel, pear atau bubur buah yang lembek misalnya pisang atau alpukat.

Cara memberi resep makanan bayi 5 bulan seperti sereal, buah dan juga sayuran. pendamping ASI pada bayi sebaiknya dilakukan perlahan-lahan misalnya saja dimulai dengan memberikan bubur tepung beras yang encer sehari sekali. Bisa dicoba pertama kali dengan memberinya sebanyak setengah sendok makan untuk percobaan pertama.

Beras mempunyai resiko alergi yang rendah karena itu baik untuk percobaan awal. Jika sudah terbiasa bisa ditambah kadar kekentalannya jika sudah terbiasa maka bisa menambah menu yang baru untuk si kecil. Ada yang menyarankan untuk memberikan sayuran terlebih dahulu dibandingkan dengan buah.

Hal ini untuk mencegah bayi mengenal rasa manis buah terlebih dahulu. Saat ia sudah mengenal manisnya buah terlebih dahulu akan lebih sulit untuk memberikan sayuran karena bayi akan merasa enak makan buah dibanding sayur.

Untuk sereal sebaiknya yang terbuat dari beras dulu atau barley dan gandum. Jenis makanan ini bisa diberikan pada bayi daam bentuk pasta maupun dicampur air bubur dari kacang-kacangan. Selain itu Anda pun bisa member si kecil nasi yang dicampur susu ibu maupun susu formula.

Untuk buah harus dihancurkan terlebih dahulu bisa menggunakan food compressor dicampur dengan susu. Untuk sayuran bisa memakai kentang, ubi, wortel dan sayuran lainnya. Resep makanan bayi 5 bulan yang bisa diberikan ialah seperti sereal, buah dan juga sayuran. Jangan menambahkan rempah-rempah maupun bumbu pada makanan bayi.

Sebaiknya tunda dulu memberi gula, garam dan berbagai bumbu lain.

Selanjutnya : Peran Psikologi dalam Penanggulangan Homoseksual
Sebelumnya: Mengetahui Teknik Perawatan Anak Kucing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini