Resep Rawon Surabaya


Anda tentu tahu rawon atau nasi rawon. Makanan khas Jawa Timur ini memiliki rasa khas karena bumbunya mengandung kluwak. Selain mengeluarkan aroma yang khas, kluwak juga membuat masakan ini berwarna hitam. Bumbu lain yang digunakan dalam resep rawon Surabaya ini sangat khas dengan rempah asli Indonesia, seperti kunyit, ketumbar, bawang, laos, dan garam.

Selain terkenal di Jawa Timur tepatnya Surabaya, nasi rawon juga terkenal di Jawa Tengah khususnya Surakarta. Daging yang digunakan untuk nasi rawon ini biasanya dipotong kecil-kecil. Nasi rawon biasanya disajikan dengan nasi, daun bawang, tauge, kerupuk, dan sambal.

Di Surabaya, banyak penjual nasi rawon dapat Anda temui.  Banyak penikmat nasi rawon yang datang kembali ke Jawa Timur untuk mencicipinya kembali. Rasa khas dari nasi rawon inilah yang membuat mereka memutuskan untuk memilih kembali nasi rawon sebagai menu makan.

Anda tergoda untuk mencicipinya? Tidak usah jauh-jauh ke Jawa Timur. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut  ini resep nasi rawon khas Surabaya.

Resep Nasi Rawon

Bahan-bahan

½ kg daging sapi, potong kecil
2 batang serai, memarkan
Tauge secukupnya, pilih yang pendek dan muda
6 lembar daun jeruk
5 cm laos, memarkan
5 lembar daun salam
8 gelas air kaldu
Garam secukupnya
Merica secukupnya

Bumbu halus

7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah cabe merah
7 buah kemiri
8 buah kluwak, ambil isinya saja

Cara membuat

• Haluskan semua bahan untuk bumbu halus, lalu tumis hingga harum. Masukkan serai, laos, daun jeruk, daun salam, garam, serta merica.

• Didihkan delapan gelas air kaldu. Masukkan bumbu halus yang tadi ditumis serta daging sapi. Rebus sampai dagingnya matang dan empuk.

• Jika sudah matang, tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan tauge, kerupuk, dan daun bawang.

• Tambahkan juga sambal sesuai selera. Rawon siap dihidangkan.

Mudahkan membuat nasi rawon sendiri. Jadi Anda tidak perlu repot mencari restoran masakan Surabaya untuk menikmati nasi rawon.

Itulah resep rawon Surabaya yang memiliki rasa khas. Cobalah memasaknya untuk keluarga Anda agar mereka semakin mencintai kuliner Indonesia. Selamat Mencoba.

Selanjutnya : Mengenal Beberapa Jenis Riset dalam Metode Penelitian
Sebelumnya: Hak dan Kewajiban Mengemukakan Pendapat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar