Resep Sambal Ikan Bakar Khas Kupang

Apakah sedang mencari resep sambal ikan bakar khas Kupang? Kota Kupang berada di kawasan Nusa Tenggara Timur. Pesona kota Kupang memang cukup menarik banyak orang untuk berkunjung ke sana. Selain berwisata alam yang panoramanya sungguh indah, kebanyakan wisatawan juga tak mau ketinggalan untuk berwisata kuliner khas kota kupang dan mencicipi resep sambal ikan bakar khas dari Kupang.

Wisata alam Kota Kupang yang sangat indah dengan hamparan batu karang di sepanjang kawasan pantainya. Juga hamparan pasir putih dan birunya air laut. Belum lagi situs-situs sejarah yang masih dapat dinikmati karena keberadaannya yang cukup dilestarikan oleh pemerintah setempat. Kota Kupang juga memiliki kekhasan khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Seperti kebiasaan-kebiasaan penduduk, bahasa dan juga hal-hal unik lainnya.

Loading...

Wisata Kuliner

Untuk berwisata kuliner di Kota Kupang, kita memang tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Sebab sekalipun enak, kuliner kota Kupang masih aman untuk dompet. Kuliner sea food sangat diminati di daerah ini. Ukuran ikan yang besar-besar, tentunya memancing selera makan. Mencicipi hidangan ikan dengan resep sambal ikan bakar khas kupang, tentu akan memanjakan lidah.

Selain itu, aroma manis yang terdapat pada cumi-cumi dan udang khas kupang yang dibakar, sangat menggugah Anda untuk segera menyantapnya. Ada juga Jagung Bose, yang berbahan dasar jagung, sayuran dan juga biji-bijian seperti kacang hijau dan kacang tanah. Daging se’I atau daging asap yang dapat dibuat dengan daging sapi atau bisa juga daging babi yang dimasak dengan cara diasapi dengan campuran susu yang menjadi sumber kekhasannya. Bumbu Daging Se’I selain dicampur dengan susu, dibubuhkan pula rempah-rempah dan garam yang kemudian menampilkan rasa manis asin pada daging asap ini.

Resep Kuliner

Resep sambal ikan bakar initentu sangat cocok disantap dengan racikan ikan bakar yang menggoda selera. Dengan beragam bumbu penyedap seperti air jeruk, garam, santan kental, serai, lada, kunyit, bawang merah, bawang putih dan juga kemiri, ikan bakar khas kupang ini menjadi bercita rasa tinggi. Sebelum dibakar, ikan yang sudah dibersihkan dilumuri terlebih dahulu dengan air perasan jeruk nipis dan sedikit garam lalu didiamkan terlebih dahulu kira-kira 15 menit. Setelah itu baru dicampur dengan bumbu yang telah dihaluskan.

Bumbu tersebut adalah kunyit, bawang merah, bawang putih dan kemiri yag telah ditumbuk halus. Bumbu halus tersebut dicampurkan dengan santan, serai dan juga garam secukupnya. Yang menjadi ciri khas adalah ikan yang telah dicampurkan dengan bumbu tersebut dimasak terlebih dahulu hingga kuahnya mengental dan mendidih dengan bumbu yang meresap. Setelahnya, barulah ikan dibakar. Sementara dibakar, olesi ikan dengan bumbu tadi sesuai dengan keinginan sampai matang. Nah resep sambal ikan bakar khas Kupang siap disantap.

Loading...
Selanjutnya : Riwayat Sekolah Soekarno
Sebelumnya: Rantai makanan fito plankton
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar