Cara Mudah untuk Membuat Resume Buku

Membuat resume buku umumnya menjadi tugas yang diberikan pada masa sekolah atau kuliah. Buku-buku dengan halaman yang tebal dapat dibuat resumenya dan penulis resume harus benar-benar memahami isi dari buku tersebut. Kemudian mempresentasikan isi buku tersebut. Umumnya jika buku yang akan diresume sangat tebal hingga beratus-ratus halaman maka tugas pembuatan resume akan dibagi menjadi beberapa bab. Untuk memperoleh hasil resume suatu buku dapat mengikuti tips-tips sebagai berikut.

Tips yang pertama adalah menuliskan semua judul bab dan sub bab. Dengan menuliskan judul setiap bab dan sub bab maka dapat mempermudah penulis resume untuk lebih memahami isi suatu buku melalui gambaran-gambaran. Penulis resume dapat dengan mudah menentukan pembahasan yang akan diberikan pada resumenya. Pembuatan resume dapat dilakukan dengan menuliskan penjelasan secara singkat dan mudah untuk dipahami.

Tips kedua untuk menuliskan resume buku dengan baik yaitu membaca kalimat yang pertama di setiap paragraf. Kemudian kalimat berikutnya dibaca dengan cepat. Kalimat terakhir pada setiap paragraf juga harus diperhatikan karena umumnya inti kalimat terdapat di kalimat pertama atau terakhir pada setiap paragraf.

Kalimat di paragraf yang menjelaskan suatu contoh sebaiknya dilewatkan saja agar tidak terlalu membuang waktu. Umumnya penulis buku memberikan contoh untuk menjelaskan isi bacaan dan agar pembaca buku mengerti sesuatu yang ingin disampaikan. Kalimat yang berisi contoh tidak perlu ditulis ulang pada pembuatan resume sebuah buku.

Penulis resume harus benar-benar memahami buku yang dibaca agar pada saat pembuatan resume dapat membuat dengan bahasa sendiri. Apabila ada kalimat yang kurang dipahami maka dapat mengartikannya secara konteks kalimat. Cara ini akan dapat menghemat waktu dan membantu dalam pemahaman. Gunakan susunan kata-kata yang baik agar resume dapat mudah dipahami pada saat mempresentasikan.

Menuliskan resume buku sebenarnya sangat mudah asalkan memahami benar-benar isi buku tersebut. Pembuatan resume suatu buku terutama yang memiliki halaman tebal akan sangat membantu untuk mengerti tentang isi buku tersebut. Membuat resume sebuah buku harus mempergunakan trik tertentu agar menghasilkan resume yang bagus.sildalis does it workmotilium acid reflux

Selanjutnya : Pesona Batik Sasirangan Khas Suku Banjar
Sebelumnya: Tujuan Produksi Dilihat Secara Ekonomi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini