Resume Pasar Oligopoli

Apakah Anda mengetahui resume pasar oligopoli? Pasar oligopoli dikenal sebagai istilah di bidang ekonomi. Oligopoli adalah salah satu jenis pasar persaingan yang tidak sempurna. Mengapa demikian? Oleh karena di pasar tersebut hanya terdapat beberapa perusahaan atau penjual yang memproduksi barang yang sama. Tentupersaingan sangat ketat sesama produsen terjadi di sini.

Tidak hanya persaingan yang berkaitan dengan harga barang yang lebih murah, namun bersaing kualitas barang. Permasalahan mengenai harga memang sulit dipecahkan, setiap produsen akan menjual barang semurah-murahnya dan mengklaim bawa produk mereka yang paling murah.

Persaingan Pasar Oligopoli

Berbagai upaya dilakukan agar konsumen tertarik dan mau membeli barang mereka. Promosi, potongan harga, dan bonus hadiah, menjadi salah satu strategi promosi dalam memasarkan produk. Tentu saja konsumen akan mempertimbangkan produsen mana yang menjanjikan manisnya hadiah dan diskon yang diberikan.

Persaingan pun terjadi dari segi kualitas barang yang dijual. Mereka akan saling mengklaim bahwa kualitas barang yang dijual adalah yang terbaik. Mereka akan menawarkan kelebihan barang dan perbandingannya dengan barang dari penjual lainnya. Nyaris semua menawarkan kelebihan tanpa memberi tahu konsumen apa kelemahan barang yang diproduksi.

Resume Pasar Oligopoli

Istilah oligopoli berasal dari bahasa Yunani “Oligos Polein”  artinya  yang menjual sedikit. Di pasar ini jumlah penjual tidak terlalu banyak, hanya sekitar 10-20 penjual. Namun mereka menjual barang yang sama dengan harga dan kualitas yang bersaing. Konsumen pun bebas membandingkan dan memilih mana yang paling sesuai. Jika dalam sebuah pasar hanya ada dua penjual maka akan disebut pasar duopoli.

Jumlah penjual yang sedikit tentu menyebabkan persaingan sangat ketat di pasar ini. Wajar jika perusahaan seolah saling serang bila perusahaan lawan melakukan tindakan yang cukup memengaruhi pasar.

Misalnya mereka menjual barang di bawah harga pasaran dengan kualitas nomor satu.  Mereka juga menawarkan keuntungan bila pembeli membeli produk tersebut. Biasanya perusahaan pesaing akan cemas dan membuat barang yang sama dan menekan biaya produksi agar harga jual lebih murah. Jika lebih mahalpasti akan ada kelebihan yang ditawarkan.

Meski demikian tidak menutup kemungkinan jika setiap perusahaan bekerjasama dalam menentukan harga.  Risiko bila harga berbeda terlalu jauh adalah persaingan tidak sehat dan akhirnya bisa menyebabkan kerugian. Jika mereka sudah menyepakati harga yang sejajar untuk suatu jenis barang, bukan berarti persaingan berakhir.

Persaingan akan beralih ke persaingan non harga (non price competition). Dari sinilah kemudian dikenal pasar oligopoli ketat dan Ologopoli longgar.

Apa saja yang dijual di pasar oligopoli? produk di pasar Oligopoli ini dapat distandarisasikan. Misalnyaindustri yang menghasilakn bahan-bahan mentah, seperti industri baja dan aluminium.Pasar oligopoli biasanya diikuti oleh perusahaam besar dengan skala ekonomis yang besar pula.

Promosi diperlukan untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.  Demikianlah penjelasan mengenai pengertian resume pasar oligopoli. Semogabermanfaat bagi Anfda yang sedang mempelajari berbagai jenis pasar dan jenis barang yang dijualnya.

Selanjutnya : Beragam Pariwisata Terkenal di Riau
Sebelumnya: Fimosis, Pembengkakan pada Kemaluan Anak Kecil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...