Riwayat Hidup Rene Descartes

Riwayat hidup Rene Descartes  terlahir pada 31 Maret 1596 di La Haye (sekarang Descartes), Touraine, Prancis. Dan meninggal pada 11 Februari 1650 di Stockholm, Swedia.

Dia adalah seorang filsuf dengan karyanya, La géométrie, yaitu aplikasi aljabar geometri yang sekarang kita kenal dengan geometri Cartesian.

Descartes masuk di perguruan tinggi Jesuit La Fleche di Anjou. Ia masuk perguruan tinggi pada usia delapan tahun, hanya beberapa bulan setelah pembukaan perguruan tinggi tersebut pada Januari 1604.

Dia belajar di sana sampai 1612, belajar tentang klasik, logika dan filsafat Aristoteles tradisional. Dia juga belajar matematika dari kitab Clavius.

Sekolah telah membuat Descartes memahami betapa sedikit ia tahu, satu-satunya subjek yang memuaskan di matanya adalah matematika. Hal inilah yang menjadi dasar pemikirannya, dan yang membentuk dasar pada semua karyanya.

Descartes menghabiskan banyak waktu untuk dirinya sendiri di Paris, ia belajar di University of Poitiers. Ia menerima gelar sarjana hukum dari Poitiers pada 1616 lalu terdaftar di sekolah militer di Breda.

Pada tahun 1618 ia mulai belajar matematika dan mekanik di bawah bimbingan ilmuwan Belanda, Isaac Beeckman, dan mulai mencari kegemarannya pada ilmu pengetahuan alam. Setelah dua tahun di Belanda ia melakukan perjalanan melalui Eropa. Kemudian pada 1619 ia bergabung dengan tentara Bavaria.

Dari 1620-1628 Descartes melakukan perjalanannya melalui Eropa, menghabiskan waktu di Bohemia (1620), Hongaria (1621), Jerman, Belanda dan Perancis (1622-1623).

Dia menghabiskan waktu pada tahun 1623 di Paris di mana ia mengenal Mersenne, perkenalan penting tersebut yang membuatnya berhubungan dengan dunia ilmiah selama bertahun-tahun. Dari Paris ia berkunjung ke Italia yang dia jalani dengan menghabiskan beberapa waktu di Venice, kemudian dia kembali lagi ke Perancis (1625).

Pada 1628, Descartes merasa lelah bepergian terus-menerus dan memutuskan untuk menetap. Dia banyak berfikir akan negara mana yang akan ia pilih untuk menetap, dengan keadaan alamnya dan sebagainya, akhirnya ia memilih Belanda.

Itu adalah keputusan terbaik yang pernah dibuatnya sehingga ia tidak menyesal selama dua puluh tahun tinggal di sana. Dengan berbagai dedikasi kepada ilmu pengetahuan ia mengabdikan dirinya, riwayat hidup Rene Descartes singkat ini membuat kita belajar, apa yang telah kita lakukan untuk lingkungan kita !

Loading...
Selanjutnya : Pengertian Chang Yi Shi The Mei Hao
Sebelumnya: Nama Topi Adat Sumatera
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar