Riwayat Hidup Tokoh Tokoh Sumpah Pemuda


Menyimak riwayat hidup tokoh tokoh Sumpah Pemuda  mampu menyadarkan betapa kritis pemuda Indonesia saat itu akan rasa nasionalisme  terhadap negeri sendiri yang tak kunjung bebas dari penjajahan.  Rasa nasionalisme yang tinggi ini menjadi api pengobar semangat perjuangan gaya baru.  Sumpah Pemuda merupakan hasil kesepakatan dari kongres pemuda Indonesia yang pertama kali diselenggarakan pada 28 Oktober 1928.

Konggres pemuda ini menjadi momentum berdirinya bangsa Indonesia sekaligus mengenalkan tonggak-tonggak identitas negara, yakni bahasa Indonesia.  Indonesia adalah harga mati yang siap dibela sampai titik darah penghabisan.  Pada momentum ini juga pertama kali diperdengarkan lagu  Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan.

Konggres ini juga menjadi media menyatukan visi antar pemuda dari Aceh sampai Maluku.  Tipe perjuangan pun berganti dari perjuangan yang sifatnya lokalitas, menjadi perjuangan perundingan dan dukungan internasional.

Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda

Di balik  Konggres Pemuda yang menghasilkan Sumpah Pemuda ternyata ada tokoh-tokoh pemuda yang berjasa atas sumbangan pikiran dan perjuangannya.  Berikut ini adalah sedikit profil riwayat hidup tokoh tokoh sumpah pemuda

•    Sugondo Jojopuspito

Sugondo Jojopuspito merupakan ketua panitia Konggres Pemuda pertama.  Dia adalah cendikia muda kelahiran Tuban, Jawa Timur pada tahun 1905.  Dia dilahirkan dari keluarga biasa saja.  Ayahnya Kromosardjono, bekerja sebagai pegawai kelurahan di Tuban. Walau demikian Sugondo bisa mengenyam pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Setelah lulus sekolah menengah pertama, dia melanjutkan kuliah di sekolah tinggi hukum di Jakarta. Di sini idealisme perjuangannya muncul dan disalurkan dalam pergerakan pemuda, dan puncaknya menggerakan semacam konggres pemuda untuk menyatukan visi dan mengenalkan gaya perjuangan intelektual.

•    Muhammad Yamin

Muhammad Yamin merupakan tokoh pencetus Konggres Pemuda pada tahun 1928.  Dalam susunan kepanitaan, Mohammad Yamin menduduki kursi sekretaris.  Sedangkan ketuanya Sugondo Jojopuspito. Saat konggres Pemuda pertama Mohammad Yamin yang menulis rancangan rumus konggres dan menjabarkan keputusan konggres.

Mohammad Yamin merupakan tokoh pergerakan mewakili perjuang dari Sumatera. Beliau lahir di Sawah Lunto, Sumatera Barat , tahun 1903.  Bilau merupakan memiliki pengalaman perjuangan yang lengkap, mulai dari panita konggres, panitia BPUPKI,  anggota PUTRA organisasi nasionalis pada masa Jepang. Pada masa pemerintahan Soekarno-Hatta, Moh. Yamin masuk pada lingkaran pertama Soekarno, dan ditunjuk menjadi menteri kehakiman, menteri pendidikan, dan menteri sosial.

Namun dilepas dari kesibukan sebagai aktivis dan politikus, Mohammad Yamin juga banyak menciptkan berbagai karya sastra, seperti naskah drama, puisi, cerpen dan buku-buku nonfiksi tentang pemikiran dia.
Sekian sedikit ulasan riwayat hidup tokoh tokoh sumpah pemuda.

Selanjutnya : Serunya Komik Slam Dunk 56 Sub Indo
Sebelumnya: Tes CFIT: Tes Pengukur Tingkat Kecerdasan dan Intelegensia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar