Perusahaan Penghasil Rokok Indonesia

Rokok telah lama hadir di Indonesia. Yang dimaksud dengan rokok Indonesia adalah rokok asli buatan dalam negeri. Sejak dahulu industri rokok telah berkembang di Indonesia. dimulai dari industri rumahan hingga kini menjadi industri berskala besar.

Dari data yang ada, terdapat sekitar 600 perusahaan rokok dalam negeri. Namun, tidak semua dapat bertahan. Konsumen tentu saja akan memilih rokok yang berkualitas dan hanya perusahaan yang mampu memproduksi rokok dengan kualitas tembakau terbaiklah yang akan dapat terus bertahan.Berikut adalah beberapa perusahaan rokok asli Indonesia, baik yang masih bertahan maupun yang sudah berhenti berproduksi.

Rokok Bal Tiga Nitisemito merupakan perusahaan yang memproduksi rokok kretek secara masal dan bertempat di Kudus.

Gunung dan Kelapa (Goenoeng & Klapa) adalah perusahaan yang memproduksi rokok kretek tertua di Indonesia.Didirikan oleh Mohamed Atmowijoyo pada tahun 1913 yang bertempat di Kudus. Berbeda dari perusahaan rokok pada umumnya, perusahaan yang satu ini memproduksi satu macam rokok saja, yaitu jenis klobot.

Perusahaan ini juga mengerjakan semuanya dengan tangan tanpa bantuan mesin sedikitpun. Goenoeng & Klapa masih bertahan hingga kini, walaupun pasarnya hanya sebatas pasar lokal saja, yaitu di daerah Kudus.

• Bentoel, merupakan perusahaan rokok yang didirikan pada tahun 1931.Perusahaan ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1910, namun pada tahun 1931 nama perusahaan diubah menjadi Bentoel. Rokok dengan merk Bentoel ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat setempat (Malang).

• Nojorono, berdiri pada tahun 1932. Perusahaan ini dikendalikan secara kolektif oleh lima keluarga. Perusahaan ini memproduksi rokok dengan merk “Minak Djinggo”. Nojorono membuat rokok dengan inovasi baru yaitu rokok yang tahan air. Rokok inovasi baru ini banyak digunakan oleh para nelayan dan pelaut.

• Djambu Bol, merupakan pabrik rokok milik pribumi asli yang didirikan pada tahun 1937. Target pasarnya adalah di luar Pulau Jawa. Hingga saat ini, Djambu Bol tetap mempertahankan rokok dengan buatan tangan.

• Djarum, berdiri pada tahun 1951. Perusahaan ini mampu bertahan hingga sekarang dengan produk rokok yang cukup laris di pasaran.

• Gudang Garam, didirikan pada tahun 1958 yang merupakan pabrik rokok asli Indonesia termuda. Walaupun yang termuda, perusahaan rokok ini mampu memimpin pasar dengan volume produksi paling banyak.

Itulah beberapa jenis rokok Indonesia yang merupakan hasil dari kekayaan alam Indonesia yang terkenal dengan tembakau terbaiknya.Semuanya itu tak lepas dari warisan budaya yang dimiliki setiap daerah di Nusantara terutama di daerah sekitar Pulau Jawa.

Loading...
Selanjutnya : Klasifikasi Monokotil dan Contohnya
Sebelumnya: Mengenali Contoh-contoh Lagu Keroncong Langgam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar