Royalti Penerbit Novel Anak

Seberapa besar royalti penerbit novel anak itu ? Menulis, senyatanya merupakan profesi yang sangat menyenangkan. Profesi ini juga mulai banyak diminati banyak kalangan karena sifatnya yang tidak hanya dapat menjadi pekerjaan, namun juga dapat berimbas baik bagi kesehatan jiwa. Seperti manfaatnya untuk mengatasi trauma, memperbaiki kesehatan psikologi seseorang dan peningkatan kecerdasan linguistik seseorang.

Jenis Tulisan

Loading...

Ada beberapa jenis tulisan yang dapat menjadi acuan dalam kepenulisan. Seperti cerpen atau cerita pendek, novel, artikel, cerbung atau cerita bersambung, essai, opini, laporan perjalanan, puisi, syair dan masih banyak lagi ragam tulisan lainnya. Sedangkan pembagian genrenya ada yang bergenre fiksi dan nonfiksi. Untuk novel sendiri juga terbagi dalam dua jenisnya.

Novel fiksi adalah novel yang di dalamnya memuat hal-hal yang bersifat fiktif seperti rekaan tokoh, alur, latar dan juga latar belakangnya. Fiksi fantasi adalah jenis fiksi yang benar-benar bersumber pada imajinasi, tidak dapat ditemui di dunia nyata. Contohnya seperti novel Harry Potter dan Twilight. Untuk novel non fiksi sendiri merupakan kebalikan dari fiksi, yakni yang berisi kisah nyata berupa pengalaman yang telah dialami seseorang, dan bisa juga dengan latar belakang sejarah yang telah benar terjadi di dunia nyata.

Novel juga bisa dibedakan sesuai dengan pangsa pasar atau tujuan penjualan. Seperti novel teenlit yang bersegmen remaja dan menjadikan usia remaja sebagai target pasarnya. Biasanya novel teenlit berkisah tentang permasalahan dunia remaja. yakni tentang cinta, persahabatan dan hubungan mereka dengan orang tua dan lingkungan sekitarnya. Juga tentang cita-cita.

Novel chicklit yang menjadikan wanita muda sebagai target pasar. Sekalipun demikian, tak jarang novel jenis ini juga berisi unsur-unsur dewasa yang tak mudah dicerna oleh remaja. Novel anak jelas berisi segala macam kisah tentang masa anak-anak yang penuh warna. Keluguan, kelucuan serta tingkah polah anak dalam novel anak mestilah diramu dengan bahasa khas yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Biasanya novel anak bertokoh utama usia anak pula, sesuai dengan targetnya. Royalti penerbit novel anak juga disesuaikan dengan jumlah halaman, serta penerbit yang menerbitkannya.

Novel Anak

Beberapa karya novel anak yang telah tersebar di toko-toko buku Indonesia, di antaranya banyak juga yang meraih penghargaan best seller. Hal tersebut disebabkan angka jumlah penjualannya yang melambung tinggi. Novel anak seperti Toto Chan: Gadis seberang jendela, House of Friendship, Princess Hamesha dan masih banyak lagi judul novel yang tersebar. Baik di Indonesia maupun di dunia.

Royalti penerbit novel anak juga cukup beragam. Tidak ada patokan khusus yang menyamakan antara penerbit yang satu dengan yang lainnya. Sebab perkara royalti adalah bagian intern yang diatur oleh pihak penerbit dan disetujui oleh pihak penulis.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal RTSP yang Mendukung pada Youtube
Sebelumnya: Riwayat Sekolah Soekarno
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar