Rubrik Majalah Anak-anak


Rubrik  majalah anak-anak merupakan salah satu esensi media cetak yang pasti harus ada. Setiap media tentu memiliki rubrik yang ditawarkan sebelum para pembaca memulai membaca berita yang ada di dalam majalah tersebut. Namun, pemilihan rubrik pun tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan jenis, tujuan dan konten yang diminati para pembaca. Dalam setiap media pastinya mempunyai perbedaan saat menentukan rubrik majalah walaupun sama-sama dari jenis majalah anak dan ditujukan untuk anak-anak.

Rubrik Majalah Anak-Anak

Pada media online ataupun cetak selalu mempunyai kolom atu rublik, pun begitu dengan majalah anak-anak pastinya memiliki rublik majalah, karena majalahnya ditujukan untuk anak-anak nama rublik yang dipakai haruslah bertema anak-anak, harus mengikuti bahasanya anak-anak. Pasti akan banyak orang tua yang memprotes majalah anak-anak jika rublik yang dimuat bertema tentang gosip selebriti ataupun tentang politik.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang ini coba anda lihat dua majalah anak-anak yang berbeda, misalnya majalah Aku Anak Shaleh (AAS) dan majalah Bobo. Dua majalah ini ditujukan untuk anak-anak namun dengan penyampaian yang berbeda, Jika pada majalah Aku Anak Shaleh (AAS) rublik yang dibuat lebih bernuansa islami dan pada majalah Bobo rublik yang dibuat lebih ke edukasi dan dongeng.

Dari pengamatan tersebut pasti akan diketahui apa saja perbedaanya, yakni konten yang dimuat, rubrik, penyampaian ilmu dan gaya bahasanya.

Aturan Dasar Pembuatan Rubrik

Untuk membuat sebuah rublik majalah anak-anak ada hal-hal yang harus Anda ketahui, yakni :

•    Karena terget pembacanya adalah anak-anak maka perbanyak rublik tentang anak-anak dan permainan.

•    Visi misi Media/majalah harus jelas dan dimengerti oleh anak-anak.

•    Ideologi dan nilai yang terkandung harus sesuai dengan visi misi suatu majalah atau media tersebut.

•    Adanya konten unggulan yang pastinya akan membuat ratting majalah semakin meninggi.
Anda harus mengetahui terlebih dahulu sebelum membuat rubrik, siapa saja yang akan membacanya, usianya berapa dan lain-lain. Untuk pemberian nama pada sebuah rubrik anda harus menyesuaikan dengan visi misi dan untuk usia berapa majalah ini ditujukan, dan karena ini rubrik untuk dibaca anak-anak maka isinya pun harus bertemakan permainan, dongeng dan apa saja yang digemari anak-anak.

Dan itulah beberapa hal yang harus diketahui saat menentukan rubrik majalah anak-anak. Semoga kita bisa membuatnya dan mengajarkan pada anak-anak.

Selanjutnya : Negara-negara di Benua Afrika
Sebelumnya: Nama Bayi Perempuan dalam Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar