Rumah Adat Jawa Tengah


Rumah adat jawa tengah merupakan salah satu kebudayaan milik Indonesia. Negara Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki berbagai macam budaya yang unik salah satunya adalah Rumah adat. Rumah adat pun berbagai macam jenisnya sesuai daerah masing-masing.

Filosofi Pembagian Ruang

Dalam rumah adat ciri khas jawa tengah ini mempunyai 3 bagian utama, pendhopo, pringgitan dan omah dalem atau omah njero. Pendhopo merupakan bagian rumah yang digunakan untuk menjamu tamu, sedangkan pringgitan adalah yang difungsikan untuk menggelar pangelaran wayang kulit. Diambil dari kata “ringgit” yang berarti wayang kulit. Omah ndalem atau omah njero adalah ruangan untuk keluarga.

Terdapat tiga senthong (kamar) pada omah ndalem ini, yakni senthong kanan, kiri dan tengah.  Kebanyakan yang menggunakan rumah adat Joglo ini adalah yang berasal dari para bangsawan ataupun ningrat. Selain biaya yang mahal dan bahan yang banyak rumah joglo ini juga perlu lahan yang lapang karena terdapat bagian rumah yang memang difungsikan untuk menerima tamu dengan jumlah yang banyak.

Soko Guru pada Struktur

Struktur dari joglo ini memang terlihat sederhana, untuk membangun bagian rumah yang mirip pendhopo tersebut membutuhkan empat buah tiang penyangga yang untuk membuat rumah tetap berdiri. Empat tiang penyangga ini memiliki nama, yakni Soko Guru. Soko guru  adalah lambang dari penentu arah mata angin. Empat soko guru itu masih memiliki tumpang sari yang adalah susunan terbaik dari yang disangga soko guru.

Bagian inti dari rumah joglo ini terdapat pada bagian ndalem atau omah njero. Jika dilihat dari segi struktur tata ruang ternyata mempunyai tinggi yang tidak sama. Tujuan dari pembuatan tinggi yang tidak sama ini adalah agar adanya ruang yang untuk tempat sirkulasi udara.

Demikian pembahasan dari kami tentang rumah adat jawa tengah yang terkenal dengan nama Joglo. Rumah adat ini adalah hasil kreasi nenek moyang kita dan merupakan bentuk warisan budaya yang patut untuk kita banggakan meskipun di tengah zaman modern ini ia tetap mempunyai tempat khas tersendiri.

Selanjutnya : Manfaat Teh Daun Gaharu
Sebelumnya: Manfaat Tanaman Mahkota Dewa untuk Penyakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar