Rumah Sakit Amdal atau UKL UPL

Rumah Sakit Amdal atau UKL-UPL menjadi salah satu upaya dalam menciptakan lingkungan yang baik dan lestari. Amdal merupakan singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, Sementara UKL-UPL merupakan singkatan dari Upaya Pengelolaan dan Upaya Pantauan Lingkungan. Keduanya merupakan landasan dalam pembangunan sarana dan prasarana tertentu yang berkenaan dan berhubungan langsung dengan masyarakat, termasuk dalam pembangunan rumah sakit.

Amdal agar Lingkungan Lestari

Melalui Amdal ini pemerintah secara ideal berusaha mencegah pengrusakan lingkungan yang ada.  Hal ini disebabkan lingkungan yang baik akan menciptakan kehidupan manusia yang baik pula. Oleh karena itu, melalui undang-undang ini pemerintah berupaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan, terutama dalam hal melindungi kepentingan masyarakat pada umumnya.

Undang-undang tentang Amdal berkaitan langsung dengan undang-undang lingkungan hidup yakni Undang-undang  Nomor 32 Tahun 2009 yang mengatur tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Penegakan atas undang-undang ini harusnya terus ditegakkan, sehingga penjagaan atas kelestarian lingkungan hidup terus terjaga.

Rumah Sakit Amdal

Berkenaan dari itu yang menjadi bumerang pada saat ini adalah justru penegakan atas aturan Amdal tersebut telah menyimpang dari aturan baku yang telah ditetapkan sebelumnya. Padahal, sudah sering kita lihat lolos payung hukum Amdal atau UKL-UPL justru tidak sesuai dengan pembangunan yang kita lihat secara langsung, terutama pembangunan yang ada di kota-kota, termasuk pembangunan rumah sakit yang limbah obatnya juga dapat berpengaruh negatif terhadap lingkungan.

Dengan demikian, pembangunan rumah sakit Amdal atau UKL-UPL menjadi keharusan yang terus diterapkan dalam pembangunannya dimana pun daerahnya, sehingga pembangunan rumah sakit yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia harus dibarengi pula akses yang ramah lingkungan, sehingga dengan demikian rumah sakit tersebut dapat melindungi kepentingan masyarakat. Inilah arti penting suatu penetapan undang-undang yang ada.

Pencegahan kerusakan lingkungan harus menjadi perhatian bersama antara masyarakat dan pemerintah. Sehingga, kehidupan masyarakat terjaga. Selain itu masa depan kehidupan ini ada di tangan kita semua. Oleh karena itu, pencegahan atas tindakan yang menimbulkan berbagai kerusakan sebagai efek akhirnya harus senantiasa dicegah, termasuk pembangunan rumah sakit yang ada harus sesuai dengan rambu-rambu Amdal agar lingkungan dan masyarakat terhindar dari pengaruh negatif pada akhirnya.

Selanjutnya : Rumah Panggung Jawa Barat
Sebelumnya: Masalah Pertanian Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...