Rumus Molekul dan Fungsi Natrium Polifosfat


Rumus molekul dan fungsi natrium polifosfat adalah Na3PO4. Bahan kimia satu ini biasanya dipakai dalam pembuatan mie instan. Penggunaan sodium polifosfat atau natrium polifosfat ini untuk membuat mie mudah matang ketika dimasak.

Matangnya pun dengan cara mie mengembang dengan sempurna. Tetapi tentu harus dimasak dengan benar. Kalau hanya direndam dengan air panas, untuk mie instan biasa bukan mie gelas, mie tidak akan mengembang dengan baik. Rasanya pun akan berbeda.

Tetap Zat Kimia

Mie instan memang menggoda. Baunya saja bisa membuat banyak orang merasa ingin ikut mencicipi. Inilah kekuatan yang dimiliki oleh mie instan yang sangat sulit untuk dihindarkan.

Perlu diingat bahwa begitu banyak zat kimia yang digunakan dalam pembuatan mie instan ini. Jadi, sangat dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi mie instan. Bagaimana pun apa yang digunakan dalam proses pembuatannya tetap menggunakan zat kimia.

Makanan dari bahan segar jauh lebih baik. Makan mie instan itu kalau dalam keterpaksaan saja. Misalnya, tidak ada bahan makanan lain yang bisa digunakan untuk mengganjal perut.

Kalau bisa, tidak sama sekali makan mie instan. Jika sangat ingin, campur dengan bahan makanan lain yang lebih menyehatkan. Misalnya, sediakan sayuran segar, seperti timun, tomat, rebusan buncis dan kacang panjang.

Sodium atau Natrium

Sodium atau natrium (Na) dalam bentuk apa pun, mengandung unsur garam. Jika garam terlalu banyak dalam tubuh, darah bisa mengental.

Efek dari darah yang mengental adalah rasa pusing dan tubuh yang tidak bergairah karena merasa seperti pegal-pegal. Untuk itu, jika makan mie instan, sebaiknya minum air putih sebanyak mungkin. Air putih akan membuat darah kembali mencair dan berputar dengan lancar.

Jika tidak banyak minum air putih, yang akan terjadi adalah kerusakan ginjal. Organ satu ini berjuang sangat keras untuk menyaring sebuah residu yang tidak baik dari semua unsur makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Pengetahuan tentang sodium ini akan membukakan mata bahwa rumus molekul dan fungsi natrium polifosfat memang ada tetapi tidak baik kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Selanjutnya : Gemerlap Malam Amnesia Bandung
Sebelumnya: Waspadai Alergi Kulit Disebabkan oleh Kosmetik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar