Rumus Program Excel


Rumus program Excel yang biasa juga disebut fungsi, jumlahnya sangat beragam dan banyak. Rumus yang sering atau banyak digunakan adalah rumus atau fungsi SUM dan SUMIF. Rumus seperti itu memang dimanfaatkan sebagai metode perhitungan cepat dalam program Excel. Sebenarnya tak perlu kursus untuk memahami rumus program Excel yang paling sederhana itu, yang dibutuhkan hanya lah menghafal dan latihan. Berikut akan dijelaskan beberapa rumus program Excel yang sangat sederhana

SUM (Summary)

Rumus SUM memiliki fungsi untuk menghitung jumlah data dari beberapa cell yang berurutan dalam satu range. Penggunaan atau sintaksnya diawali dengan tanda sama dengan (=) lalu Sum diikuti dengan range dalam tanda kurung. Contoh paling sederhana adalah seperti gambar berikut.

excel 1

Angka 75 dalam gambar di atas, yang berada di kolom B7, didapat setelah mengetikkan fungsi atau rumus seperti yang tertera pada bar fungsi di atas, yaitu =SUM(B1:B6)
Fungsi tersebut memiliki arti menjumlahkan semua angka yang ada di kolom B1 hingga B6.

excel 2

Angka 24 dalam gambar di atas, didapat setelah mengetikkan fungsi =SUM(B1,B2)
Fungsi tersebut memiliki arti penjumlahan angka yang ada tertera pada kolom B1 dan B2.

excel 3

Angka 26 dalam gambar di atas, didapat setelah mengetikkan fungsi =SUM(B1,B3)
Fungsi tersebut memiliki arti penjumlahan angka yang ada tertera pada kolom B1 berisi angka 12, dan B3 dengan angka 14. Secara manual, penjumlahan kedua angka tersebut sama dengan penjumlahan dengan menggunakan rumus atau fungsi.

SUMIF

Adalah fungsi penjumlahan nilai yang ada dalam satu range data berdasarkan penyaringan yang kita tentukan sendiri. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut.

excel 4

Untuk menyortir data sesuai kebutuhan, misalnya saja kita akan menyortir data penjualan buku, maka kita letakan kursor di tempat yang diinginkan, anggap saja C7. Setelah itu kita ketikkan fungsi SUMIF seperti berikut,  =SUMIF(c1:66,”buku”,b1:b6). Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah.

excel 5

Atau bisa juga dengan pilihan menu SUMIF di bar fungsi seperti gambar berikut.

excel 6

Yang kita lakukan hanya lah memilih menu fungsi SUMIF seperti pada bar di kiri atas. Setelah itu akan keluar function argumen seperti gambar di atas, isikan range yang akan disortir, dalam kasus ini c1:c6. Kemudian isikan buku pada kriteria. terakhir masukkan b1:b6 pada sum range. Hasilnya akan ditampilkan dalam formula result=39.

Klik ok, hasil akan muncul seperti gambar sebelumnya. Rumus program Excel ini hadir untuk memudahkan pengguna Excel. Anda bisa saja melakukannya secara manual, tapi jika kebetulan data yang harus dijumlah atau disortir cukup banyak, rumus pasti sangat dibutuhkan.

Selanjutnya : Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Anak
Sebelumnya: Kasus Tanah yang Rusak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar