Menguasai Rumus Sin, Cos, Tan


Rumus Sin, Cos, Tan adalah penerapan dari konsep Trigonometri. Konsep trigonometri ini terdapat pada kesebangunan bangun geometri yaitu segitiga siku-siku. Konsep ini teraplikasi pada bangun segitiga siku-siku yang memiliki sudut yang sama adalah sebuah segitiga siku-siku yang sebangun.

Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen

Semua rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen ini akan didapatkan dari perbandingan yang ada di dalam sisi  segitiga siku-siku tersebut. Tiga sisi yang ada di dalam segitiga siku-siku dinamakan dengan sisi miring, sisi depan dan juga sisi samping.

Untuk mendapatkan panjang dari sisi miring maka akan menggunakan rumus Phytagoras jikalau panjang dari dua sisi penyusun segitiga yang lain diketahui. Rumus Phytagoras ini adalah dengan mengakarkan jumlah kuadrat dari kedua sisi tersebut.

Rumus sinus didapat dengan cara membandingkan antara sisi depan dan sisi samping. Biasanya sisi depan ditandai dengan huruf ‘y’ dan sisi miring ditandai dengan huruf ‘r’.  Maka rumus sinus diperoleh dengan perbandingan y/r.

Sedangkan rumus Cos atau Cosinus adalah perbandingan antara sisi samping dan sisi miring. Sisi samping diberi tanda dengan huruf ‘x’. Sehingga rumus untuk cosinus ini diperoleh dengan perbandingan antara x/r.

Untuk rumus tangen adalah perbandingan dari sisi depan dan sisi samping. Sisi depan ditandai dengan y dan sisi samping dengan x. Maka rumus tangen ini adalah perbandingan y/x. Atau dengan cara yang lebih mudah adalah dengan membandingkan sinus dan cosinus yang telah diketahui sebelumnya.

Konsep Trigonometri ini memang ada di dalam segitiga siku-siku yang memiliki sudut lancip. Misalnya adalah sudut tiga puluh derajat, sudut empat puluh lima derajat dan juga sudut enam puluh derajat.

Penerapan rumus Trigonometri ini seakan dianggap amatlah jauh dari konsep kehidupan keseharian manusia. padahal, penerapan rumus Trigonometri ini banyak digunakan. Misalnya adalah di dalam hal astronomi seperti menghitung berapa jarak yang ada di antara beberapa jumlah bintang yang berada di dalam kedekatan tertentu, atau untuk menghitung jarak antara titik-titik tertentu yang ada di dalam geografi dan tentunya masih banyak hal lainnya. Itulah bagaimana rumus Sin, Cos, Tan ini digunakan.

Selanjutnya : Rumitnya Rumus Sinus dan Cosinus
Sebelumnya: Ilmu Bela Diri yang Dimiliki Tentara Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar